Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

3 BUMN Gelontorkan Rp2 Miliar di Bali

Tiga BUMN bersinergi melaksanakan Program BUMN Hadir untuk Negeri 2017 di Provinsi Bali dengan menggelontorkan dana mencapai Rp2 miliar.
Menteri BUMN Rini Soemarno/Reuters
Menteri BUMN Rini Soemarno/Reuters

Bisnis.com, DENPASAR - Tiga BUMN bersinergi melaksanakan Program BUMN Hadir untuk Negeri 2017 di Provinsi Bali dengan menggelontorkan dana mencapai Rp2 miliar.

Tiga BUMN itu yakni PT Jasa Marga (Persero) Tbk (Jasa Marga) sebagai pelaksana utama yang didukung penuh oleh PT Surveyor Indonesia (Persero) dan Indonesia Tourism Development Corporation (Persero).

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mewajibkan masing-masing BUMN untuk mendukung program ini. Intruksinya, masing-masing BUMN lewat laba yang dihasilkan menyisihkan sekitar 1,5% hingga 2% untuk pendanaan program BUMN untuk Negeri.

Pada program BUMN untuk Negeri tahun 2017 di wilayah Bali, PT Jasa Marga (Persero) Tbk menyumbang Rp1 miliar 150 juta, PT Surveyor Indonesia (Persero) menyumbang Rp400 juta, dan Indonesia Tourism Development Corporation (Persero) menyumbang Rp450 juta. Total dana terkumpul sebanyak Rp2 miliar.

Kepala Bidang Monitoring dan Evaluasi Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Kementerian BUMN Sandra Firmania  menyatakan ada sekitar 118 BUMN yang mempunyai dana yang bisa disalurkan. Dengan program ini, selain bisa menyalurkan untuk kepentingan bangsa Indonesia, masing-masing BUMN pun bisa lebih mengenal.

Direktur SDM dan Umum PT Jasa Marga (Persero) Tbk Kushartanto Koeswiranto menyatakan program ini merupakan bentuk nyata kontribusi BUMN. Selama ini BUMN mengejar keuntungan dan keuntungan ini kemudian didistribusikan pada bangsa.

“Selama ini kita mengejar untuk menjadi Perusaahaan world class, maka sekarang hasil ini didistribusukam untuk kepentingan bangsa Indonesia,” ujarnya pada Minggu (16/7/2017).

Direktur Indonesia Tourism Development Corporation (Persero) Ngurah Wirawan mengatakan jumlah dana yang dikeluarkan masing-masing BUMN memang berbeda tergantung dari keuntungan yang dicapai.

“Yang jelas program ini fundamental ini sebagai bentuk dukungan kami pada kebhinnekaan,” sebutnya. 

Ada lima kegiatan yang akan dilaksanakan dalam rangka mensukseskan program BUMN untuk Negeri yakni Siswa Mengenal Nusantara (SMN), yang merupakan program pertukaran pelajar tingkat SMA dan Sederajat terpilih di Provinsi, Bedah Rumah Veteran yang merupakan program pemenuhan tempat tinggal yang layak untuk Veteran Indonesia sebagai bentuk ucapan terima kasih atas jasa yang diberikan, Jalan Sehat 5 Km yang dilaksanakan untuk penduduk Provinsi Bali.

Selanjutnya, kegiatan Upacara Bendera 17 Agustus yang merupakan rangkaian dari kegiatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang diselenggarakan dari dan untuk BUMN di seluruh Provinsi Bali dan Pembinaan Mantan Atlet yang merupakan program untuk memberikan perhatian kepada para mantan atlet dalam bentuk bantuan pelatihan terkait pengembangan keahlian dan/atau pengembangan usaha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper