Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PELANTIKAN OJK: Wimboh Santoso Resmi Gantikan Muliaman D. Hadad

Wimboh Santoso dilantik sebagai Ketua Dewan Komisioner OJK, sementara Nurhaida, Tirta Segara, Riswinandi, Heru Kristiyana, Hoesen, dan Ahmad Hidayat dilantik sebagai Anggota Dewan Komisioner OJK.
Live Timeline

Bisnis.com, JAKARTA - Dewan Komisioner OJK Periode 2017-2022 hari ini, Kamis 20 Juli 2017 dilantik dan diambil sumpah jabatan oleh Ketua Mahkamah Agung, H. Muhammad Hatta Ali di Kantor Mahkamah Agung, Jakarta.

Formasi DK OJK yang baru dimpimpin oleh Wimboh Santoso sebagai Ketua Dewan Komisioner OJK, bersama Nurhaida, Tirta Segara, Riswinandi, Heru Kristiyana, Hoesen, dan Ahmad Hidayat dilantik sebagai Anggota Dewan Komisioner OJK.

Dengan pelantikan ini, maka tujuh Anggota Dewan Komisioner OJK tersebut akan melaksanakan tugas sebagaimana diamanatkan Undang-Undang OJK No.21/2011 tentang OJK bersama dengan Dewan Komisioner OJK ex-officio dari Bank Indonesia, Mirza Adityaswara dan Dewan Komisioner OJK ex-officio dari Kementerian Keuangan Mardiasmo.

Selanjutnya, pembagian bidang selain Ketua akan diputuskan dalam Rapat Dewan Komisioner OJK yang akan dilakukan pada Kamis sore ini. Sesuai Pasal 10 UU OJK susunan Dewan Komisioner OJK terdiri atas:

  • Seorang Ketua merangkap anggota;
  • Seorang Wakil Ketua sebagai Ketua Komite Etik merangkap anggota;
  • Seorang Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan merangkap anggota;
  • Seorang Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal merangkap anggota;
  • Seorang Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Dana Pensiun, Lembaga Pembiayaan, dan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya merangkap anggota;
  • Seorang Ketua Dewan Audit merangkap anggota;
  • Seorang anggota yang membidangi edukasi dan perlindungan Konsumen;
  • Seorang anggota ex-officio dari Bank Indonesia yang merupakan anggota Dewan Gubernur Bank Indonesia; dan
  • Seorang anggota ex-officio dari Kementerian Keuangan yang merupakan pejabat setingkat eselon I Kementerian Keuangan.

Sebelumnya Dewan Komisioner OJK periode 2012-2017 dijabat oleh Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad dan Anggota Dewan Komisioner OJK Rahmat Waluyanto, Nelson Tampubolon, Firdaus Djaelani, Nurhaida, Ilya Avianti dan Kusumaningtuti S. Soetiono.

Berikut ini laporan berjalannya pelantikan dan komentar sejumlah pejabat yang hadir dari tim liputan Bisnis.com dari Gedung MA.

14:43 WIB
Wimboh Ungkap Fokus Kerja Awal OJK

Sesuai proses pelantikan, anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan periode 2017-2022 akan langsung menggelar rapat dewan komisioner (RDK) pada sore ini.

Ketua DK OJK Wimboh Santoso mengatakan terdapat beberapa fokus bahasan yang akan dibahas dalam rapat perdana tersebut, misalnya pembagian bidang dalam kepengurusan DK OJK.

“Posisi kepengurusan juga akan diputuskan nanti di rapat. Tunggu hasilnya, nanti kalau sudah diputus baru tahu,” kata Wimboh ketika ditemui seusai pelantikan Anggota DK OJK 2017-2022 di Mahkamah Agung, Kamis (20/7/2017).

Selain membahas soal pembagian bidang, dia mengatakan terdapat beberapa persoalan lainnya yang akan dibahas misalnya program-program kerja yang akan diprioritaskan implementasinya.

Ketika disinggung terkait program efisiensi pada tubuh OJK, Wimboh menyatakan pihaknya masih harus melakukan pembahasan internal dengan Anggota DK lainnya.

“Harus dilihat kedepannya, kita punya anggaran berapa. Apa yang bisa dihemat. Pokoknya nanti dilihat dulu,” ujarnya.

14:18 WIB
Himbara Harapkan OJK Bawa Fiskal-moneter Bisa Berjalan Beriringan

Ketua Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) Maryono mengatakan, harapannya Himbara kepada pengurus OJK yang baru adalah bisa membawa kinerja yang lebih baik.

Harapannya, pengurus yang dilantik ini bisa semakin menjembatani makro dan mikro serta fiskal dan moneter sehingga bisa berjalan beriringan.

"Intinya, koordinasi bisa diperkuat lagi," ujarnya

14:12 WIB
Halim Alamsyah Yakin Koordinasi LPS-OJK Lebih Baik

Ketua Dewan Komisioner LPS Halim Alamsyah berharap dengan pimpinan OJK yang baru ini koordinasi dengan LPS di KSSK bisa lebih baik lagi dari sebelumnya.

"Yang sebelumnya sudah baik, harapannya yang ini bisa lebih baik lagi untuk mengelola pengelolaan dan persoalan di perbankan," ujarnya

Dia mengatakan dengan begitu harapannya juga bisa lebih baik lagi untuk industri perbankan.

"Apalagi, kami juga mau mengajukan MoU lagi dengab OJK soalnya yang kemarin sudah jatuh tempo," ujarnya

14:03 WIB
Ini Harapan Muliaman Untuk Kepemimpinan Wimboh di OJK

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Periode I Muliaman D Hadad mengucapkan selamat kepada Dewan Komisioner OJK yang baru dilantik hari ini untuk periode 2017-2022.

Dia optimistis di bawah kepemimpinan DK OJK baru, lembaga tersebut mampu berkembang lebih baik lagi di tengah tantangan perekonomian global maupun domestik.

"Selamat bertugas bagi DK OJK yang baru. Kami yakin di bawah kepemimpinan kawan-kawan yang baru ini OJK akan bisa terus bertumbuh dan berkembang karena tantangan OJK ke depan masih akan besar terutama di tengah situasi global," katanya usai pengambilan sumpah DK OJK 2017-2022 di Mahkamah Agung, Jakarta, Rabu (20/7/2017).

Dia juga menyampaikan harapannya agar di pemimpin OJK yang baru terus meningkatkan akses terhadap jasa keuangan dengan mengedepankan prinsip governance, profesionalisme dan integritas yang baik.

"Saya yakin OJK terus ikut membangun industri keuangan yang stabil, dan sama-sama mendorong pertumbuhan ekonomi. Tidak kalah pentingnya, membuka akses keuangan bagi masyarakat. Saya kira itu tugas yang perlu menjadi perhatian bersama," ujarnya.

11:29 WIB
Wimboh Santoso Resmi Gantikan Muliaman Hadad

Ketua dan Anggota Dewan Komisioner OJK Periode 2017-2022 resmi dilantik dan mengambil sumpah jabatan oleh Ketua Mahkamah Agung, H. Muhammad Hatta Ali di Kantor Mahkamah Agung, Jakarta Kamis, 20 Juli 2017 sesuai Keppres No. 87/P.2017 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan.

Wimboh Santoso dilantik sebagai Ketua Dewan Komisioner OJK, sementara Nurhaida, Tirta Segara, Riswinandi, Heru Kristiyana, Hoesen, dan Ahmad Hidayat dilantik sebagai Anggota Dewan Komisioner OJK.

Dengan pelantikan ini, maka tujuh Anggota Dewan Komisioner OJK tersebut akan melaksanakan tugas sebagaimana diamanatkan Undang-Undang OJK No.21/2011 tentang OJK bersama dengan Dewan Komisioner OJK ex-officio dari Bank Indonesia, Mirza Adityaswara dan Dewan Komisioner OJK ex-officio dari Kementerian Keuangan, Mardiasmo.

11:19 WIB
Formasi DK OJK Baru Periode 2017-2022

Berikut ini formasi Ketua dan Anggota Dewan Komisioner OJK Periode 2017-2022

  1. Wimboh Santoso (Ketua)
  2. Riswinandi (Anggota)
  3. Heru Kristiyana (Anggota)
  4. Nurhaida (Anggota)
  5. Hoesen (Anggota)
  6. Ahmad Hidayat (Anggota)
  7. Tirta Segara (Anggota)
  8. Mardiasmo (Anggota ex officio Kementerian Keuangan)
  9. Mirza Adityaswara (Anggota ex officio Bank Indonesia)
11:24 WIB
Gubernur BI, Menteri BUMN & Para Direksi Jasa Keuangan Turut Hadir

Dewan komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) periode 2017 - 2022 melakukan sumpah dan serah terima jabatan di Mahkamah Agung hari ini Kamis (20/7).

Tampak, Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Kartika Wirjoatmodjo bersama istri, Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Achmad Baiquni, Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Suprajato, Ditektur Utama Citibank Batara Sianturi, Direktur Utama PT Bank Panin Tbk. Herwidayatmo, dan Presiden Direktur PT Bank CIMB Niaga Tbk Tigor M. Siahaan.

Selain itu, Dalam acara pengucapan sumpah dan serah terima jabatan ini dihadiri oleh pelaku jasa industri keuangan seperti, direksi emiten, perbankan, asuransi. Adapula direksi Bursa Efek Indonesia, PT Kustodian Sentra Efek Indonesia. ada pula jajaran perwakilan dari Bank Indonesia.

Terlihat juga Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo, Menteri BUMN Rini Soemarmo, yang langsung menyalami para Dewan Komisioner OJK terpilih yang telah siap dilantik.

11:32 WIB
Pengambilan Sumpah Berlangsung Khidmat

Para Pimpinan dan Anggota Dewan Komisioner Periode 2017-2022 telah mengucapkan sumpah dan menandatangani komitmen sumpahnya tersebut.

Sumpah diambil sekitar pukul 11.15 WIB yang dipimpin oleh Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali. Setelah pengambilan sumpah, lantunan lagu Bagimu Negeri menambah khidmat upacara yang sekaligus menjadi peresmian kepengurusan DK OJK yang baru.

Semua peserta upacara pelantikan menyanyikan lagu Bagimu Negeri. Seusai pengambilan sumpah, para tamu mulai meninggalkan gedung MA.

Tampak Menteri Keuangan Sri Mulyani, Direktur Utama PT Bank Mandiri Tbk. Kartika Wirjoatmodjo, Sedangkan Gubernur BI Agus Martowardojo terlihat langsung melayani doorstop para wartawan yang sudah menunggu.

Menteri Rini Soemarno bersama Deputi Jasa Keuangan Gatot Trihargo juga terlihat keluar meninggalkan Gedung MA.

 


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper