Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Mandiri Dukung Pengembangan BUM Desa

Bisnis.com, JAKARTA PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. mendukung pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) di wilayah Karawang, Jawa Barat. Langkah ini merupakan upaya Bank Mandiri dalam meningkatkan peran sebagai agen pembangunan untuk pemerataan ekonomi ke seluruh pelosok Indonesia.
Logo Bank Mandiri/Reuters-Beawiharta
Logo Bank Mandiri/Reuters-Beawiharta

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. mendukung pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) di wilayah Karawang, Jawa Barat. Langkah ini merupakan upaya Bank Mandiri dalam meningkatkan peran sebagai agen pembangunan untuk pemerataan ekonomi ke seluruh pelosok Indonesia. 

Dalam kesepakatan ini, Pemerintah Kabupaten Karawang dan Bank Mandiri akan mengembangkan BUM Desa dalam bentuk penguatan kualitas sumber daya manusia yang akan mengelola BUM Desa, serta memberdayakan BUM Desa dengan menjadikannya sebagai agen Layanan Keuangan Digital (LKD) maupun Laku Pandai.

Pemkab Karawang pun akan bersama-sama Bank Mandiri memonitor dan mengevaluasi perkembangan BUM Desa secara periodik. 

Untuk itu, Bank Mandiri menargetkan dapat menjalin kemitraan dengan sekitar 200 BUM Desa di Wilayah Jawa Barat pada akhir 2017, dari 56 BUM Desa yang telah menjadi mitra saat ini. 

Regional CEO Bank Mandiri Jawa Barat Iman Gunawan mengatakan sebagai salah satu bagian dari struktur perekonomian nasional, ekonomi pedesaan memiliki potensi yang dapat dieksplorasi dan dioptimalkan dengan baik. Potensi tersebut antara lain usaha pertanian, perikanan dan perkebunan, usaha terkait energi terbarukan, desa wisata, serta usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). 

“Kami ingin mendorong sebuah paradigma baru dalam pembangunan desa, yakni desa tidak lagi diposisikan hanya sebagai objek, namun sebagai subjek pembangunan. Melalui pendekatan ini, diharapkan keinginan melihat desa yang mandiri dapat terwujud,” tutur Iman dalam siaran pers yang diterima Bisnis, Kamis (20/7/2017). 

Dalam rangka optimalisasi BUM Desa di Jawa Barat, Bank Mandiri juga telah memberikan bantuan kepada tiga BUM Desa di Purwakarta dan dua BUM Desa di Karawang untuk mendukung pengembangan usaha masyarakat yang dikelola. Di Purwakarta, Bank Mandiri menyerahkan bantuan alat transportasi kepada BUM Desa Sauyunan; lalu, bantuan mesin dan bangunan pengolahan sampah kepada BUM Desa Bina Jasa; serta bantuan saung bunga hias dan alat transportasi kepada BUM Desa Karya Gumilang. 

Sedangkan di Karawang, perseroan menyerahkan bantuan kandang domba kepada BUM Desa Makmur Jaya; serta bantuan kandang burung puyuh petelur dan pembangunan budi daya jamur merang kepada BUM Desa Bina Usaha Mandiri. Di samping itu, kelima BUM Desa tersebut juga mendapatkan bantuan seperangkat komputer untuk memudahkan kegiatan administrasi keuangan dan operasional lainnya. 

Untuk meningkatkan kapasitas, Bank Mandiri telah melatih SDM BUM Desa yang tersebar di wilayah Karawang dan Purwakarta pada 18-24 Mei 2017, dengan melibatkan sekitar 420 peserta. Bank Mandiri juga menyerahkan KUR Mikro kepada masyarakat binaan BUM Desa dengan total nilai penyaluran Rp45 Juta untuk 3 nasabah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper