Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Semester II/2017, Bank Harus Lebih Agresif Salurkan Kredit

Bisnis.com, JAKARTA Rentabilitas atau kemampuan untuk menghasilkan laba industri perbankan sangat tergantung kepada kemampuan bank menyalurkan kredit.

Bisnis.com, JAKARTA — Rentabilitas atau kemampuan untuk menghasilkan laba industri perbankan sangat tergantung kepada kemampuan bank menyalurkan kredit.

Ekonom PT Bank Danamon Indonesia Tbk. Sunarsip memperkirakan permintaan kredit selepas Juli 2017 bakal lebih kencang dibandingkan dengan kondisi pada separuh pertama tahun ini.  

“Mudah-mudahan saja di semester kedua permintaan kredit akan meningkat seiring dengan bank mengejar target penyaluran kredit mereka. Dengan begini bisa menutupi kehilangan sumber profit yang ada pada semester pertama, seperti pelunasan pinjaman di awal,” ujarnya kepada Bisnis, Selasa (1/8/2017).

Sepanjang semester pertama tahun ini, tingkat rentabilitas bank dinilai membaik terdorong dari penurunan beban operasional dan peningkatan pendapatan karena banyak nasabah melakukan pelunasan pinjaman di awal tahun.

Rentabilitas bank umum konvensional per Juni 2017 memang cukup baik. Hal ini terpengaruh efisiensi yang dilakukan para bankir tercermin dari penurunan rasio Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO). Penurunan rasio BOPO dipengaruhi oleh banyaknyanasabah yang melakukan pelunasan kredit di awal.

Sunarsip berpendapat, rentabilitas bank pada semester kedua tahun ini mendapat tantangan dari sisi kredit. Pasalnya, sumber-sumber laba yang diperoleh pada semester pertama kemungkinan tidak terulang pada semester kedua.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dini Hariyanti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper