Ini Implementasi Layanan Mini Automatic Teller Machine Di Pos Lintas Batas Negara Entikong

ENTIKONG Bea Cukai dan PT Bank Mandiri Tbk, melakukan Implementasi Layanan Mini automatic teller machine (ATM) di Pos Lintas Batas Negara Entikong.

ENTIKONG – Bea Cukai dan PT Bank Mandiri Tbk, melakukan Implementasi Layanan Mini automatic teller machine (ATM) di Pos Lintas Batas Negara Entikong. Dalam rangkaian kegiatan yang juga membahas tentang Fasilitas Payment Gateway dalam Menunjang Pengembangan Ekonomi Perbatasan itu, dihadiri oleh Direktur Penerimaan dan Perencanaan Strategis Bea Cukai, Sugeng Apriyanto, Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Kalbagbar, Saipullah Nasution, serta Direktur Government Mandiri, Kartini Sally.

Souvenir Yustianto, Kepala Kantor Bea Cukai Entikong juga terlihat hadir dalam acara tersebut, sebagai Kantor Pelayanan dan Pengawasan yang melakukan tugas dan fungsinya di PLBN Entikong, Bea Cukai Entikong merupakan kantor yang akan melaksanakan implementasi pada acara yang dilakukan pada Kamis (10/08).

Sugeng Apriyanto mengingatkan kembali nawacita Presiden Jokowi untuk meningkatkan pembangunan dari daerah pinggiran, seperti perbatasan Entikong tersebut maka dibuatlah mini ATM ini untuk menghimpun penerimaan negara berupa bea masuk dan pajak dalam rangka impor. "Ketika orang datang ke Indonesia melewati PLBN Entikong, dan diharuskan membayar bea masuk serta pajak dalam rangka impor atas barang yang dibawanya, mereka dapat membayarnya melalui mini ATM ini," tambahnya.

Mesin mini ATM tersebut bertujuan untuk membantu Bea Cukai dalam meningkatkan penerimaan negara dari aktivitas ekspor dan impor melalui pembayaran non tunai. Kartini Sally juga mengatakan bahwa selain berfungsi menambah pundi-pundi ke kantong negara, tujuan penting lain adalah untuk mempercepat pelayanan dalam pencatatan pelaporan keuangan setelah bertransaksi menggunakan ATM mini tersebut.

Saat ini, Bank Mandiri telah melakukan kerjasama dengan Bea Cukai untuk membuka layanan mini ATM di beberapa kantor pelayanan Bea Cukai. "Telah terdapat 54 kantor pelayan yang telah di proses, dan ada 14 diantaranya telah diresmikan" kata Kartini Sally.

Ia juga memberikan contoh daerah yang saat ini telah bekerja sama dengan Bank Mandiri menggunakan mesin tersebut, yaitu Bandara I Ngurah Rai Denpasar yang merupakan wilayah pengawasan dari Kantor Bea Cukai Denpasar. Pada semester I tahun 2017, penerimaan negara memperoleh hingga Rp1,2 miliar, sementara penerimaan pada akhir tahun 2016 lalu sebesar Rp1,3 miliar.

Pada kesempatan yang sama, Saipullah Nasution mengatakan bahwa Kantor Bea Cukai Entikong pada akhir tahun lalu memperoleh penerimaan mencapai Rp840 juta. Dengan adanya mesin ini ia berharap penerimaan negara tahun ini dari Entikong akan bertambah. Dia berharap nantinya akan ada realisasi pembangunan terminal barang di Perbatasan Entikong.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : MediaDigital
Editor : MediaDigital
Sumber : Bea Cukai

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper