Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rights Issue, MAYA Siap Rilis 546,59 Juta Saham Baru

Bank Mayapada Internasional Tbk. berencana melakukan rights issue dengan melepas 546,59 juta saham baru seri B dengan harga saham Rp100 perlembar.
Bank Mayapada/Ilustrasi-Bisnis.com-David Eka Issetiabudi
Bank Mayapada/Ilustrasi-Bisnis.com-David Eka Issetiabudi

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Mayapada Internasional Tbk. berencana melakukan rights issue dengan melepas 546,59 juta saham baru seri B dengan harga saham Rp100 perlembar.

Direktur Kepatuhan Bank Mayapada Rudy Mulyono mengatakan perseroan siap melakukan penawaran umum terbatas X kepada pemegang saham dengan penerbitan hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD).

“Kami optimistis saham akan terserap sepenuhnya,” ujarnya.

Total kapitalisasi dana yang masuk diharapkan bisa menembus Rp54,65 miliar. Rencana aksi korporasi dipastikan setelah bank dengan kode emiten MAYA ini mendapat restu dari pemegang saham dalam rapat umum pemegang saham luar biasa yang berlangsung hari ini di Jakarta, Selasa (22/8/2017).

Rencananya, dana hasil rights issue akan digunakan untuk dua hal. Pertama, perseroan akan memperkokoh struktur capital adequacy ratio atau CAR. Kedua, memperluas ekspansi kredit disektor produktif.

Berdasarkan laporan keuangan per Juni 2017, bank yang saat ini berada di BUKU III ini mencatatkan laba bersih sebesar Rp493,91 miliar. Angka ini lebih kecil dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yakni Rp548,79 miliar.

Adapun, realisasi penyaluran kredit hingga paruh pertama 2017 sebesar Rp51,55 triliun atau tumbuh 26,82% dibandingkan posisi per Juni tahun lalu yakni Rp40,65 triliun.

Kemudian, dari sisi rasio kredit bermasalah (non-performing loan/NPL), perseroan berharap dapat tetap menjaga NPL dibawah 3% pada sepanjang tahun ini, yang hingga Juni 2017 ada dilevel 2,78%

Sementara itu, CAR ditargetkan berada dilevel 15% pada tutup buku tahun ini dari posisi 12,49% per Juni 2017.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Andry Winanto
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper