Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tujuh Anak Usaha IPC Teken MoU Dengan 7 BUMN, Dari Logistik Hingga Hotel

Sebanyak tujuh anak usaha Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau Indonesia Port Corporation meneken sembilan nota kesepahaman dengan tujuh badan usaha milik negara.
Ilustrasi: Petugas mengawasi proses bongkar muat kontainer di Terminal Teluk Lamong, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (19/3)./Antara-Didik Suhartono
Ilustrasi: Petugas mengawasi proses bongkar muat kontainer di Terminal Teluk Lamong, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (19/3)./Antara-Didik Suhartono

Bisnis.com, JAKARTA -- Sebanyak tujuh anak usaha Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau Indonesia Port Corporation, IPC, meneken sembilan nota kesepahaman dengan tujuh Badan Usaha Milik Negara.

Kerja sama antarperusahaan milik pemerintah itu mulai dari pemasaran, pembangunan terminal dan gudang logistik, hingga pembangunan hotel.

Nota Kesepahaman atau MoU itu diteken Jumat, (25/8/2017), disaksikan Menteri BUMN Rini Soemarno dan Direktur Utama IPC Elvyn G. Masassya.

Rini mengatakan BUMN saat ini memang diarahkan untuk melakukan sinergi agar bisa menjalankan operasional bisnis secara efisien.

"Sudah saatnya BUMN bersinergi, dulu (antar-BUMN) berkompetisi, sekarang yang kami rasakan, kalau bergandengan tangan itu akan bisa memberikan lebih untuk masyarakat," jelas Rini di Kementerian BUMN.

Rini menggambarkan, berkat sinergi BUMN, harga semen di Puncak Jaya bisa lungsur menjadi Rp500.000 per sak dari sebelumnya Rp2.000.000.

Pola sinergi antar-BUMN ini akan terus didorong di berbagai bidang, termasuk pengembangan ekonomi di wilayah terdepan Indonesia.

Sementara itu, tujuh anak perusahaan IPC yang meneken kerja sama dengan BUMN lain yakni PT Energi Pelabuhan Indonesia (EPI), PT Multi Terminal Indonesia (MTI), PT Indonesia Kendaraan Terminal (IKT), PT Pelabuhan Tanjung Priok (PTP), PT Pengembang Pelabuhan Indonesia (PPI), PT Electronic Data Interchange Indonesia (EDII), dan PT Jasa Peralatan Pelabuhan Indonesia (JPPI).

Adapun tujuh BUMN dan Anak Perusahaan BUMN yang sepakat bekerja sama dengan anak usaha IPC yakni PT Pertamina Patra Niaga, PT Perikanan Nusantara (Persero), PT Perum Perikanan Indonesia, PT Hotel Indonesia Natour, PT Berdikari Logistik Indonesia, PT Kawasan Berikat Nusantara (Persero), dan PT Timah Tbk (Persero).

"IPC Group terus berusaha memberikan kinerja dan pelayanan publik yang lebih baik lagi, salah satunya adalah bersinergi melalui sembilan MoU yang membuktikan bahwa kita bisa bekerja keras dan gotong royong bersama guna kemajuan Bangsa dan Negara,” ujar Elvyn.

Berikut rincian kerja sama antara anak usaha IPC dengan BUMN dan anak usaha BUMN :

PT EPI dan PT Pertamina Patra Niaga menandatangani Kerjasama Pengembangan Bisnis dengan ruang lingkup kerjasama pemasaran / penyalur produk BBM dan Non-BBM.

PT MTI dan PT Perinus (Persero) menyepakati Kerjasama Penanganan Logistik dan Perdagangan Komoditi Hasil Laut Nasional.

PT IKT dan PT Pertamina Patra Niaga tentang Studi Pembangunan dan Kerjasama Pengelolaan Terminal Kendaraan di Dumai, Riau yang ke depannya diproyeksikan pada pengelolaan dan pengoperasian terminal tersebut.

PTP dan PT Pertamina Patra Niaga tentang Joint Study Atas Rencana Pembangunan dan Pengoperasian Produk Terminal.

PT PPI dan PT Hotel Indonesia Natour tentang Rencana Kerjasama Pengembangan Hotel di Perbatasan Indonesia, yakni di Pulau Moa.

PT EDII dan PT Berdikari Logistik Indonesia tentang Kerjasama dan Sinergi Pengembangan Bisnis dan Sistem Aplikasi Sebagai Sesama Anak Perusahaan BUMN.

PT EDII dan PT KBN (Persero) tentang Kerjasama dan Sinergi Pengembangan Bisnis dalam rangka Pembuatan dan Pengembangan Aplikasi e-Seal.

PT (JPPI) dan PT Timah Tbk (Persero) dan Pemda Belitung Timur tentang Pengoperasian Dock Yard milik Pemda Belitung Timur dan Perawatan Kapal-Kapal milik PT Timah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rivki Maulana
Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper