Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rizal Ramli: Holding BUMN Sebaiknya Ditunda

Pemerintah diminta untuk menunda pembentukan perusahaan induk (holding) Badan Usaha Milik Negara yang belakangan kembali mencuat
Mantan Menko Perekonomian Rizal Ramli.
Mantan Menko Perekonomian Rizal Ramli.

Bisnis.com, JAKARTA — Pemerintah diminta untuk menunda pembentukan perusahaan induk (holding) Badan Usaha Milik Negara yang belakangan kembali mencuat.

Mantan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Rizal Ramli mengatakan penundaan itu dimaksudkan agar konsep pembentukan holding BUMN di beberapa sektor sesuai dengan esensi dan tepat sasaran.

"Sebenarnya rencana holding BUMN itu bagus secara textbook atau di atas kertas. Namun, pemerintah tidak perlu tergesa-gesa. Jadi sebaiknya ditunda dulu," kata Rizal, Jumat (6/10/2017).

Seperti diketahui, guna merealisasikan konsep holding BUMN, pemerintah telah merilis sejumlah landasan hukum seperti Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 72 Tahun 2016 tentang Tata Cara Penyertaan dan Penatausahaan Modal Negara pada BUMN dan Perseroan Terbatas.

Dalam beleid tersebut, wacana holding sendiri akan menyasar banyak BUMN yang bergerak di sektor  pertambangan, minyak dan gas bumi, perbankan, pangan, dan konstruksi.

Berangkat dari hal tersebut, Rizal pun meminta pemerintah berhitung secara matang terkait dengan realisasi konsep holding BUMN. Ini lantaran masih terdapat sejumlah hal yang dinilai luput dari analisa pemerintah. Satu di antaranya menyoal upaya efektivitas dan efisiensi manajemen BUMN.

"Pembentukan holding hanya bermanfaat jika peningkatan efisiensi biaya dan adanya sinergi akibat economic of scale. Jika tidak ada penurunan biaya dan peningkatan pendapatan, pembentukan holding gagal dan tidak bermanfat," papar Rizal.

Ia pun meminta pemerintah berhati-berhati dalam mengimplementasi holding BUMN. "Jika [kegagalan] itu yang terjadi, maka  pembentukan holding akan menambah birokrasi dan memperpanjang rantai pengambil keputusan, dan juga biaya. Jangan sampai ide holding BUMN bersifat coba-coba dan eksperimental," tegas Rizal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper