Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HSBC Berperan Penting dalam Panda Bond di China

HSBC disetujui sebagai joint lead underwriter dalam penerbitan Panda bond oleh perusahaan offshore non-finansial dalam skema Chinas interbank bond market (CIBM). HSBC merupakan bank asing pertama yang memperoleh izin ini.

Bisnis.com, JAKARTA—HSBC disetujui sebagai joint lead underwriter dalam penerbitan Panda bond oleh perusahaan offshore non-finansial dalam skema China’s interbank bond market (CIBM). HSBC merupakan bank asing pertama yang memperoleh izin ini.

Persetujuan tersebut semakin memperluas ketersediaan produk pasar obligasi, karena saat ini HSBC dapat berperan sebagai joint lead underwriter dalam penerbitan Panda bond oleh institusi finansial asing dan bank sentral.

 “HSBC sejak dulu telah mendukung terbukanya sektor finansial di Tiongkok, dan kami sangat bangga bahwa kami adalah pionir di antara bank asing lain yang juga memberikan pelayanan pasar obligasi global yang cepat,” kata Stuart Gulliver selaku Group Chief Executive HSBC dalam siaran pers, Senin (30/10/2017).

HSBC mengklaim dirinya berada di posisi terdepan dan memimpin liberisasi pasar obligasi Tiongkok di antara bank asing lainnya. Bank ini merupakan bank asing pertama di Tiongkok yang diijinkan untuk mengidentifikasi sekaligus menyeleksi government bonds pada 2004, bank asing pertama yang disetujui sebagai Primary Dealer dalam pasar terbuka perdagangan bisnis bank sentral di tahun 2007, serta bank asing pertama yang diberikan ijin untuk menjadi sub-underwrite bonds  bagi perusahaan non-finansial dalam skema CIBM tahun 2011.

David Liao selaku President and CEP for HSBC Tiongkok mengatakan, dengan persetujuan tersebut maka HSBC menjadi satu-satunya bank asing di Tiongkok yang memiliki peran utama dalam proses underwriting bagi perusahaan internasional yang menerbitkan obligasi renminbi dalam pasar domestik.

“HSBC terus berusaha untuk mendorong keberagamaan dan semangat kompetitif dalam pasar obligasi onshore di Tiongkok. Ijin underwriting kami yang baru, jaringan global, dan basis klien yang luas menunjukkan bahwa kami berada di posisi ideal untuk menghubungkan penerbit baru dan investor dengan pasar dengan pendapatan tetap terbesar nomor tiga di dunia, Tiongkok,” ucap dia.

HSBC telah mengerjakan sejumlah persetujuan lahan untuk penerbit obligasi global di Tiongkok. Obligasi tersebut termasuk penerbitan Panda bond di tahun 2015, sekaligus penawaran obligasi oleh Republik Korea, British Columbia, Polandia, dan Hungaria dalam beberapa tahun terakhir. Bank HSBC juga mendukung denominasi Special Drawing Right dari World Bank dan penerbitan obligasi Renminbi-settled di 2016.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dini Hariyanti
Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper