Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

EDUKASI DUIT: Ketika Uang Ada Usianya

Terkadang dan mungkin ini dirasakan banyak orang, saat usia memasuki 30 tahun atau 40 tahun, hidup rasanya semakin sulit. Pandangan ini biasanya dirasakan kelompok kelas menengah, bahkan juga kalangan atas.
Goenardjoadi Goenawan. / Bisnis-swi
Goenardjoadi Goenawan. / Bisnis-swi

Bisnis.com, JAKARTA — Terkadang dan mungkin ini dirasakan banyak orang, saat usia memasuki 30 tahun atau 40 tahun, hidup rasanya semakin sulit. Pandangan ini biasanya dirasakan kelompok kelas menengah, bahkan juga kalangan atas.

Dalam perpektif umum, hal ini sangat wajar. Usia 30 tahun biasanya, memasuki tahapan membangun keluarga. Punya anak, anak mulai bersekolah dan lainnya. Masuk usia 40 tahun, jenjang pendidikan anak semakin tinggi, kebutuhan semakin bertambah. Biaya sekolah dan biaya hidup serta kebutuhan lainnya meningkat.

Bagaimana pun, itu semua memang tak bisa dilepaskan dari karakter dan sifat-sifat kekayaan. Sifat-sifat uang. Kira-kira begini, saat usia 20-an hidup adalah trial and error. Segala macam dicoba dan cenderung untuk mandiri. Ingin membuktikan bahwa saya bisa!

Namun kenyataannya timbul expectation gap atau perbedaan harapan dengan kenyataan.  Saat mulai membeli rumah, kok kecil. Mulai berpikir, apa yang salah dengan hidup.

2. Saat umur 30-an hidup mulai mencari jati diri. Mulai konflik seandainya ada warisan, karena baru sadar bahwa membangun bisnis dan usaha butuh modal. Warisan mungkin berasal dari tiga kemungkinan, pertama, warisan orang tua dan keluarga; kedua, warisan keluarga istri, atau ketiga, warisan dari sahabat lama

Bagi yang selamat dari poin pertama dan kedua, masih bisa bangga dan mandiri. Selamat dari masa kritis. Bagi yang lain maka perjalanan masih panjang. Entah dengan maju sebagai posisi puncak di perusahaan, atau tertinggal.

Yang maju di posisi puncak perusahaan akan mengerti permainan power, kekuasaan. Pada akhirnya duit mendekati kekuasaan. Akhirnya menemukan duitnya investor. Duit inilah yang menjadi 80% duit beredar. Duit ini sangat berbeda karakteristiknya dengan duit upah.

3. Masa umur 40-an bagi yang beruntung bisa menembus akses duitnya investor. Mulai menikmati manisnya duit yang sesungguhnya. Uang dijadikan alat investasi. Entah jual beli properti atau perdagangan distributor.

4. Umur 50-an menjelang masa tua sudah jelas terlihat perbedaan kekuatan uang di antara sahabat lama. Akhirnya terjadi kepercayaan di antara sahabat. Puncak dari relationship adalah, komitmen, honeymoon, masa konflik, masa misery penderitaan, dan respect

Akhirnya menjelang umur 50-an mulai menerima kekurangan sahabat lama. Karena toh sudah tua. Inilah masa kebijaksanaan hidup. Bahwa hidup saling meminjam kepercayaan trust.

Penulis:

Ir Goenardjoadi Goenawan MM
 
Penulis buku seri "Money Intelligent" dan e-book "Hidup adalah Pemekaran Berkah"
Dapatkan e-book "Kekuasaan adalah Key Driving Force Uang" [email protected]

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper