Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dongkrak Easy of Doing Business, Perizinan Investasi Bisa Online 2018

Pemerintah menargetkan perizinan berusaha melalui online bisa diterapkan pada awal tahun depan. Ini merupakan upaya pemerintah untuk mengejar target Easy of Doing Business atau EoDB peringkat 40 pada 2020 mendatang.
Ilustrasi/jakarta.go.id
Ilustrasi/jakarta.go.id

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah menargetkan perizinan berusaha melalui online bisa diterapkan pada awal tahun depan. Ini merupakan upaya pemerintah untuk mengejar target Easy of Doing Business atau EoDB peringkat 40 pada 2020 mendatang.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution menuturkan saat ini pihaknya tengah memeriksa pembentukan satgas [satuan tugas] percepatan berusaha di tingkat kementerian.

"Kami follow up untuk percepatan perizinan berusaha. Kami sudah mulai cek setiap kementerian. Tadi kami undang lima kementerian untuk cek apa yang sudah dilakukan supaya satgas  itu sudah terbentuk dan apa saja tugas yang segera dimulai," katanya di kantor Kemenko Perekonomian, Kamis (16/11/2017).

Dalam hal ini, Darmin meminta agar seluruh kementerian harus menyelesaikan tahap pertama di PTSP atau Perizinan Terpadu Satu Pintu.  "Intinya di tahap satu, semua harus selesai di PTSP saja. [Nanti] PTSP lah yang komunikasi dengan satgas supaya investor tidak bolak balik datang [ajukan izin]."

Sementara itu, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan saat ini pihaknya tengah menyederhanakan sejumlah perijinan. Termasuk perizinan investasi yang masuk dalam lingkup Kementerian Perdagangan. "Kami bahas PTSP, penyederhanaan perizinan."

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fajar Sidik
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper