Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Survei NABE: Pemangkasan Pajak Topang Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi AS

Survei National Association for Business Economics (NABE) memproyeksi pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat (AS) akan terakselerasi, ditopang kebijakan pemangkasan pajak. Kelompok inipun merevisi prediksinya untuk kenaikan pertumbuhan ekonomi AS.

Bisnis.com, JAKARTA – Survei National Association for Business Economics (NABE) memproyeksi pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat (AS) akan terakselerasi, ditopang kebijakan pemangkasan pajak. Kelompok inipun merevisi prediksinya untuk kenaikan pertumbuhan ekonomi AS.

Survei NABE sendiri diketahui menjadi salah satu proyeksi yang paling dicermati dalam hal pertumbuhan ekonomi. Survei untuk Desember yang dilakukan pada 6-15 November 2017 memaparkan, proyeksi median untuk pertumbuhan produk domestik bruto yang disesuaikan dengan inflasi tahunan rata-rata (PDB riil) adalah 2,2% pada 2017 dan 2,5% pada 2018.

Proyeksi tersebut lebih tinggi daripada survei NABE untuk September yakni sebesar 2,2% dan 2,4% masing-masing pada 2017 dan 2018.

Pada basis kuartal IV ke kuartal IV, pertumbuhan PDB riil diperkirakan mencapai 2,5% pada 2017 dan 2,4% pada 2018. Adapun proyeksi median untuk pertumbuhan PDB riil kuartal keempat 2017 adalah 2,7%, lebih tinggi daripada proyeksi September sebesar 2,5%.

Rencana kebijakan pemangkasan pajak yang diusung Partai Republik dan Presiden Donald Trump disebut sebagai salah satu pendorong utama bagi pertumbuhan ekonomi negara adidaya tersebut. Survei yang melibatkan 51 profesional ini pun meyakini resesi tidak mungkin terjadi pada tahun depan.

“Para panelis tetap meyakini bahwa resesi tidak mungkin akan terjadi pada tahun 2018. Hanya 7% responden yang percaya bahwa puncak siklus bisnis saat ini akan terjadi pada akhir tahun depan,” terang Vice President NABE Kevin Swift, seperti dikutip dari laman wallst, Selasa (5/12/2017).

Di sisi lain, survei NABE juga menunjukkan bahwa inflasi akan tetap rendah. Indeks harga Personal Consumption Expenditure (PCE) diperkirakan akan naik 1,6% pada kuartal keempat tahun ini dibandingkan dengan kuartal keempat tahun 2016 dan 1,8% pada 2018.

“Panel survei lebih optimistis mengenai risiko terhadap ekonomi dibandingkan pada bulan September. Sebanyak 60% panelis percaya bahwa keseimbangan risiko terhadap ekonomi hingga 2018 cenderung naik, sementara 33% percaya bahwa risiko tersebut cenderung turun,” lanjut Swift.

Pada survei bulan September, risiko penurunan membebani risiko kenaikan dengan margin sebesar 48% hingga 43%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper