Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Didukung Industri Kreatif, Kredit di Ibu Kota Ditarget Tumbuh 12%

Bisnis.com, JAKARTABank Indonesia Provinsi DKI Jakarta meyakini pertumbuhan kredit di wilayah ibu kota pada tahun depan mampu menembus kisaran 11% - 12 % secara year on year.
Pegawai Pemprov DKI Jakarta mengikuti upacara peringatan HUT DKI Jakarta ke-490 di Monas, Jakarta, Kamis (22/6)./Antara-Aprillio Akbar
Pegawai Pemprov DKI Jakarta mengikuti upacara peringatan HUT DKI Jakarta ke-490 di Monas, Jakarta, Kamis (22/6)./Antara-Aprillio Akbar

Bisnis.com, JAKARTA—Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta meyakini pertumbuhan kredit di wilayah ibu kota pada tahun depan mampu menembus kisaran 11% - 12 % secara year on year

Kepala Perwakilan BI DKI Jakarta Doni P. Joewono mengaku optimistis target tersebut dapat tercapai sejalan dengan upaya bank sentral mendorong pertumbuhan investasi. Semakin banyak penanaman kapital di ibu kota maka kebutuhan pinjaman perbankan pun bakal bertambah.  

“Dengan kondisi tahun depan yang lebih stabil kami harap orang mau berinvestasi dan investasi itu kan butuh kredit. Jadi, pertumbuhan kredit akan seiring dengan penaikan investasi,” ucapnya ditemui usai Pertemuan Tahunan BI DKI Jakarta, di Jakarta, Selasa (5/12/2017).

Bank Indonesia DKI Jakarta memproyeksikan penanaman modal yang berpeluang tumbuh kencang adalah investasi nonbangunan. Contohnya adalah investasi yang berada di bidang jasa terkhusus industri kreatif. Alhasil, permintaan kredit investasilah yang diasumsikan akan dominan pada 2018.  

Pada tahun depan, Bank Indonesia DKI Jakarta juga menginginkan agar rasio kredit bermasalah (NPL) industri perbankan di ibu kota dapat ditekan hingga di bawah 5%. Sementara itu, pertumbuhan ekonominya diyakini mampu menyentuh kisaran 6,1% - 6,5%.  

“Kami harap dengan ekonomi 6,5% maka akan butuh pendanaan, dan dana ini datang dari perbankan. Adapun, NPL perbankan kami harap bisa di bawah 5%. Kredit investasi kemungkinan tumbuh lebih tinggi dari kredit modal kerja,” ucap Doni.  

Sampai dengan pengujung tahun ini, BI DKI Jakarta memproyeksikan pertumbuhan kredit berada pada level 9,1%. Angka ini dinyatakan lebih baik dibandingkan dengan 2016 yang hanya menyentuh 8,4%. Permintaan pinjaman bank pada 2017 ini didominasi oleh kredit modal kerja maupun investasi.  

Pada tahun ini, imbuh Doni, fungsi intermediasi perbankan secara umum di ibu kota terbilang belum pulih. Pertumbuhan penyaluran pinjaman oleh bank dinilai bank sentral tidak agresif lantaran bank terbilang sangat selektif terhadap permintaan kredit baru. 

Bank Indonesia DKI Jakarta mendorong perbankan yang ada di ibu kota terutama bank pembangunan daerah setempat lebih giat menyalurkan kredit ke sektor produktif terutama usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Pasalnya porsi kredit UMKM di provinsi ini sekarang baru 8% dari targeti BI 10%. 

Doni berpendapat bahwa bank bukan enggan menyalurkan kredit UMKM melainkan mereka justru kesulitan mencari debitur di segmen ini yang bankable. Kendati demikian, pihaknya yakin porsi tahun kredit UMKM pada tahun depan sedikitnya mampu mencapai 10%.  

“Bank kesulitan mencari UMKM yang bagus maka mereka harus dibantu oleh pemprov melalui program OKE OCE, sehingga bank dapat diperkenalkan dengan para UMKM potensial,” ucapnya.  

Saat ini rasio kredit bermasalah di segmen UMKM di Provinsi DKI Jakarta masih di atas 3%. Bank Indonesia berharap NPL 2018 dapat lebih baik. Adapun, sektor lapangan usaha yang diproyeksikan bakal memunculkan banyak permintaan kredit ialah perdagangan, pariwisata, dan industri kreatif.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dini Hariyanti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper