Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kesenjangan Ekonomi Teratasi, Tahun Politik 2018 Aman

Indonesia akan mampu menjalani tahun politik dengan baik pada 2018 kalau pemerintah mampu memperbaiki kesenjangan ekonomi dan tenaga kerja banyak terserap di berbagai sektor.
Ilustrasi: Bursa Kerja
Ilustrasi: Bursa Kerja

BIsnis.com, JAKARTA—Indonesia akan mampu menjalani tahun politik dengan baik pada 2018 kalau pemerintah mampu memperbaiki kesenjangan ekonomi dan tenaga kerja banyak terserap di berbagai sektor.

Demikian dikemukakan Rektor Perbanas Marsudi W Kisworo dalam acara diskusi panel bertajuk “Penurunan Daya Beli, Kerjaan Orang Politik atau Benar Adanya ?” bersama nara sumber Ketua MPR Zulkifli Hasan dan Anggota DPR Dony Priambodo dari Fraksi Nasdem di kampus Perbanas, Kamis (7/12/2017).

Marsudi mengatakan meski kesenjangan ekonomi berdampak pada tahun politik, Indonesia sudah berhasil memperbaiki Gini rasio sebesar 1% menjadi 0,39 dengan harapan kesenjangan akan makin baik pada tahun depan.

Hanya saja dia berharap pembangunan infrastruktur bisa diselesaikan dengan cepat sehingga selain mengurangi kesenjangan ekonomi, juga mampu menyerap tenaga kerja yang lebih banyak.

Dari sisi perbankan, dia berharap masalah terbesar berupa kesulitan penyaluran kredit bisa membaik. Dia mengakui kalau dulu perbankan kelebihan likuidtas, sekarang malah uangnya banyak tapi orang tak mau meminjam. “Karena bisnis tak lancar, pertumbuhan kredit jadi menurun. Pengusahanya lebih banyak menabung daripada menjalankan perusahaan,” ujar Marsudi.

Dia menilai salah satu prasyarat perbaikan ekonomi adalah sehatnya sektor perbankan saat Indonesia memasuki tahun politik 2018 maupun untuk pertumbuhan ekonomi jangka panjang.

Sementara itu, Anggota Komisi XIDPR Dony Priambodo mengatakan meski opini publik menyebutkan telah terjadi penurunan daya beli masyarakat akhir-akhir ini, dia meyakini pendapat itu tidak benar.

Dia berpendapat bahwa yang terjadi adalah perlambatan pertumbuhan daya beli. Bahkan pergeseran kebiasaan perdagangan tradisional ke bisnis online tidak berpengaruh secara signifikan.

“Saya tidak melihat ada kejadian luar biasa yang membuat daya beli menurun akhir-akhir ini,” ujarnya.

Dia menambahkan, diperlukan kajian yang lebih dalam untuk melihat gejala penurunan daya beli karena sejauh ini pertumbuhan pendapatan terus terjadi sejak krisis ekonomi tahun 1998.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper