Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tantangan Dunia Akuntan Menurut Wapres Jusuf Kalla

Wakil Presiden Jusuf Kalla menyatakan bahwa kemajuan teknologi dan menjaga kejujuran atau trust adalah tantangan untuk profesi akuntan di Indonesia dewasa ini.
Wakil Presiden Jusuf Kalla./Bloomberg-Dimas Ardian
Wakil Presiden Jusuf Kalla./Bloomberg-Dimas Ardian

Bisnis.com, SEMARANG — Wakil Presiden Jusuf Kalla menyatakan bahwa kemajuan teknologi dan menjaga kejujuran atau trust adalah tantangan untuk profesi akuntan di Indonesia dewasa ini.

Hal tersebut dia sampaikan saat memberikan sambutan dalam acara peringatan Hari Ulang Tahun Ke-60 Ikatan Akuntan Indonesia (IAI), di Semarang, Kamis (14/12/2017).

Dengan kemajuan teknologi, dia mengatakan akuntan dimudahkan untuk membuat laporan keuangan dengan lebih cepat dan simpel. Sehingga, akuntan harus selalu sigap dengan segala kemajuan teknologi untuk semakin memudahkan kerja akuntan.

Di sisi lain, akuntan juga harus menjaga dan meningkatkan rasa saling percaya dengan masyarakat untuk memajukan bangsa.

Wapres mengharapkan peran akuntan tidak hanya untuk mencari kesalahan dalam suatu laporan keuangan, namun juga membantu perusahaan dan negara untuk menjalankan good governance.

"Karena tanpa akuntan yang baik kita tak bisa memiliki arah yang baik. Akuntan bukan hanya mencari kesalahan, tetapi juga menunjukkan jalan yang lurus" kata Wapres JK.

Dia melanjutkan, "Karena itulah tantangan pada dewasa ini dinamika kedepan sangat tergantung dengan sistem IT dan trust yang menjaga etika, menjaga profesi ini sehingga terus berjalan dengan baik."

Wapres JK mengakui bahwa jumlah akuntan saat ini memang masih terbatas dan masih dibutuhkan pendidikan akuntansi yang lebih masif.

Namun, dia mengharapkan akuntan tetap dapat berkontribusi memajukan bangsa dengan praktik yang transparan dan bertanggungjawab serta seluruh masyarakat dapat merasakaan manfaatnya.

"Bagaimana memberikan penilaian yang baik untuk kita semua.Jangan terulang untuk mendapat opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) dengan segala cara, tapi mendapat WTP dengan lurus," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper