Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Holding Bank Perkuat Kapabilitas BTN sebagai Kreditur Properti

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. alias BBTN optimistis kemampuannya dalam menyalurkan pendanaan di sektor properti bakal lebih baik seiring dengan pembentukkan holding bank.

Bisnis.com, JAKARTA—PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. alias BBTN optimistis kemampuannya dalam menyalurkan pendanaan di sektor properti bakal lebih baik seiring dengan pembentukkan holding bank.

Direktur Utama BTN Maryono mengatakan, pada tahun-tahun mendatang pihaknya diamanatkan pemerintah agar terus fokus dalam menyalurkan kredit kepada sektor properti.

Kapasitas penyaluran pinjaman perseroan diyakini bakal lebih baik pada saat holding bank terbentuk.

“Kalau BTN garap sendiri bisa saja, tetapi volume penyaluran kreditnya tidak bisa besar. Kalau dengan adanya holding bank, kami akan dapat banyak bantuan,” ucapnya, di Jakarta, Rabu (3/1/2018).

Sejalan dengan konsentrasi BBTN mendanai sektor properti maka perseroan juga membutuhkan sumber dana yang sifatnya jangka panjang seperti halnya pembangunan perumahan.

Sejalan dengan ini, BBTN mengakui adanya opsi untuk melakukan rights issue maupun sub debt.

“Menteri BUMN mau aset BTN terus ditingkatkan. Suntikkannya bisa dari rights issue dan bisa juga dalam bentuk menjual sub debt. Kendati nanti aka nada holding bank, tetapi aset bank tetap sendiri-sendiri,” ujar Maryono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dini Hariyanti
Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper