Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bea Cukai Konsisten Tingkatkan Pengawasan & Penindakan Narkotika

Bea Cukai terus menunjukkan komitmennya dalam memerangi peredaran narkotika. Hal tersebut terbukti dari upaya pengawasan yang terus ditingkatkan di berbagai pintu masuk Indonesia.
Petugas Bea Cukai menjalankan tugasnya di Bandara Soekarno-Hatta./Istimewa
Petugas Bea Cukai menjalankan tugasnya di Bandara Soekarno-Hatta./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Bea Cukai terus menunjukkan komitmennya dalam memerangi peredaran narkotika. Hal tersebut terbukti dari upaya pengawasan yang terus ditingkatkan di berbagai pintu masuk Indonesia.

Jumlah penindakan terhadap upaya penyelundupan narkotika melalui bandar udara yang dibawa penumpang juga turut menunjukkan peningkatan dari tahun ke tahun.

Direktur Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga, Robert Leonard Marbun, menyatakan meski jumlah penindakan terus meningkat, Bea Cukai masih dihadapkan dengan tantangan berbagai modus yang terus dikembangkan para penyelundup.

“Modus yang dilakukan para penyelundup narkotika terus berkembang, namun penyelundupan narkotika khususnya di terminal kedatangan masih didominisasi oleh barang bawaan penumpang dan penyembunyian di badan,” ujar Robert sebagaimana siaran pers yang diterima Bisnis.com pada Senin (8/1/2018).

Dalam 3 tahun terakhir, Bea Cukai, khususnya di Bandara Soekarno-Hatta, menggagalkan 248 kasus penyelundupan narkotika.

Pada 2015, dari modus penyelundupan barang bawaan dan penyembunyian di badan, Bea Cukai menggagalkan 13 kasus, sementara pada 2016 meningkat menjadi 37 penindakan, dan pada 2017 sebanyak 42 penindakan.

Selain peningkatan dari segi kuantitas, Bea Cukai juga berkomitmen meningkatkan kualitas pengawasan dengan meningkatkan sinergi dengan instansi penegak hukum lainnya di antaranya Badan Narkotika Nasional, Kepolisian Republik Indonesia, dan khusus untuk di bandara, Bea Cukai juga bekerja sama dengan pihak aviation security.

“Untuk meningkatkan kualitas pengawasan, Bea Cukai juga menggandeng aparat penegak hukum lainnya agar pengawasan yang dilakukan dapat semakin efektif,” ungkap Robert.

Dia juga mengimbau kepada masyarakat untuk dapat menginformasikan kepada petugas terkait kecurigaan terhadap adanya peredaran narkotika.

“Petugas akan menindaklanjuti laporan dari masyarakat. Informasi masyarakat akan dapat membantu petugas dalam memberantas peredaran narkotika,” kata Robert.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper