Bea Cukai Mataram Berhasil Gagalkan Upaya Penyelundupan Sabu ke Lombok

Mataram (12/01/2017) Meski libur, pengawasan Bea Cukai tetap berlangsung. Terbukti pada musim liburan natal dan tahun baru lalu, petugas Bea Cukai Mataram tetap waspada dalam melakukan pengawasan terhadap penumpang berikut barang bawaannya melalui Terminal Kedatangan Internasional Lombok International Airport, terutama dari resiko pemasukan narkotika.

Mataram (12/01/2017) – Meski libur, pengawasan Bea Cukai tetap berlangsung. Terbukti pada musim liburan natal dan tahun baru lalu, petugas Bea Cukai Mataram tetap waspada dalam melakukan pengawasan terhadap penumpang berikut barang bawaannya melalui Terminal Kedatangan Internasional Lombok International Airport, terutama dari resiko pemasukan narkotika.

Tidak dapat dipungkiri bahwa momen pergantian tahun sering dilihat sebagai peluang oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab untuk menyelundupkan barang tersebut ke Indonesia. Kewaspadaan ini membuahkan dengan terlaksananya penggagalan upaya penyelundupan narkotika jenis sabu dengan berat brutto ±1.563,5 gram yang dibawa oleh penumpang berinisial MN (45 tahun), Jumat (22/12).

Kepala Kantor Bea Cukai Mataram, M. Budi mengungkapkan kronologi penindakan ini, “petugas mencurigai salah seorang penumpang pesawat air Asia AK306 rute Kuala Lumpur - Lombok pada pukul 19.30 WITA, dan melakukan pemeriksaan secara mendalam. Kecurigaan petugas bertambah setelah koper yang dibawa MN dipindai ulang dalam keadaan kosong, tampilan x-ray menunjukkan ada benda yg sengaja disembunyikan untuk mengelabui petugas. Setelah koper dibongkar ditemukan bungkusan berisi bubuk kristal putih di dasar koper yang ditutupi dinding palsu (false compartment), bubuk kristal putih ini diidentifikasi sebagai narkotika jenis methamphetamine (sabu) sesuai hasil pengujian menggunakan Narcotics Identification Kit (NIK)”.

Sebagai tindak lanjut kasus ini, tersangka dan barang bukti diamankan dan diserahterimakan kepada Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat untuk proses lebih lanjut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : MediaDigital
Editor : MediaDigital

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper