Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IDB Terlibat dalam Konversi Syariah Bank NTB

Bisnis.com, JAKARTAIslamic Development Bank (IDB) merupakan salah satu pihak yang terlibat dalam proses konversi PT Bank Pembangunan Daerah Nusa Tenggara Barat atau Bank NTB menjadi bank umum syariah.
/Bank NTB
/Bank NTB

Bisnis.com, JAKARTA—Islamic Development Bank (IDB) merupakan salah satu pihak yang terlibat dalam proses konversi PT Bank Pembangunan Daerah Nusa Tenggara Barat atau Bank NTB menjadi bank umum syariah.

Direktur Utama Bank NTB Komari Subakir mengatakan, proses konversi ke syariah melibatkan 6 konsultan. Selain IDB, konsultan lainnya adalah PT Kolega Inti Pratama selaku konsultan teknologi informasi. Kolega Inti sudah berpengalaman dalam konversi Bank Aceh dan spin off unit usaha syariah PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk.

Bank NTB juga dibantu oleh Dunamis Human Capital untuk menyiapkan sumber daya manusia serta revalidasi misi dan visi perusahaan.

IDB juga terlibat agar setelah konversi nanti Bank NTB tetap bisa bersaing dengan bank konvensional,” ujarnya kepada Bisnis, Senin (16/1/2018).

Komari menyebutkan, konversi Bank NTB menjadi bank umum syariah paling lambat pada Agustus 2018. Proses tersebut telah berjalan dengan pendampingan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Menurut Komari, OJK sudah dua kali melakukan asistensi secara langsung ke Mataram, Nusa Tenggara Barat. Dalam waktu dekat, asistensi ketiga akan dilakukan. Setelah asistensi dinyatakan tuntas, proses selanjutnya adalah pengajuan izin kepada OJK terkait dengan konversi bisnis menjadi bank syariah.

RUPS putuskan [konversi] pada Agustus 2018 paling lambat. Tetapi mungkin pelaksanannya bisa lebih cepat. Waktu sekitar 7 bulan sebelum Agustus lebih dari cukup untuk mengurus perizinan.”

Total aset Bank NTB per Desember 2017 tercatat senilai Rp8,9 triliun dengan modal inti senilai Rp1,3 triliun.

Saat ini pangsa pasar Bank NTB mencapai sekitar 25% dari total aset bank di provinsi tersebut. Sedangkan pangsa pasar unit usaha syariah Bank NTB mencapai 9% dari total aset bank di NTB. Setelah dikonversi menjadi bank umum syariah, maka aset Bank NTB secara keseluruhan akan meningkat.

Selain merencanakan perubahan bisnis menjadi sepenuhnya syariah, Bank NTB juga hendak merombak jajaran direksi. Komari mengatakan, dirinya sudah mengajukan rencana pensiun kepada pemegang saham.

"Pengganti sudah disiapkan di RUPS. Sekarang sedang fit dan proper test," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Abdul Rahman

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper