Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Begini Kiat Menarik Investor di Platform Crowdfunding

Pembiayaan crowdfunding di Indonesia mulai marak. Pembiayaan lewat platform financial technology ini merupakan kesempatan bagi UMKM di Indonesia untuk mendapatkan pembiayaan usaha. Ini tipnya!
crowdfunding/crowdassist.co
crowdfunding/crowdassist.co

Bisnis.com JAKARTA -- Pembiayaan crowdfunding di Indonesia mulai marak. Pembiayaan lewat platform financial technology ini merupakan kesempatan bagi UMKM di Indonesia untuk mendapatkan pembiayaan usaha. 

Chief Operation Officer Mekar.id Pandu Aditya Kristy mengatakan setiap fintech akan melakukan kurasi pada pelaku UMKM yang ingin mengajukan dana untuk usahanya.

Dia membagikan beberapa tips agar menarik minat investor untuk menanamkan modalnya kepada pelaku usaha mikro mendapatkan pendanaan lewat platform crowdfunding.

Berikut kiatnya:

1. Harus memiliki identitas yang formal

Pastikan Anda mengantongi identitas resmi yang lengkap. Kebanyakan pengusaha di daerah tidak memiliki KTP dan dokumen penting lainnya. Hal ini tentu akan membuat investor tidak bisa mempercayai bisnis Anda, meskipun produk Anda sudah memenuhi kualitas yang sesuai dengan keinginan pasar.

2. Membangun bisnis online

Dengan membangun bisnis secara online, usaha skala mikro kecil menengah akan memiliki akses yang lebih luas sehingga lebih dikenal. Adanya situs resmi dan media sosial juga akan memudahkan para investor menilai portofolio UMKM.

3. Pembukuan yang baik

Salah satu kekurangan pelaku UMKM adalah masalah pembukuan yang tidak tersusun baik. Untuk itu, terapkanlah sistem pembukuan yang rapi, lengkap, dan jelas agar investor dapat melihat kinerja usaha UMKM.

4. Produk yang inovatif

Setiap investor yang menaruh dananya di financial technology akan sangat selektif. Untuk itu, ciptakanlah produk atau jasa yang inovatif dan kreatif untuk menarik perhatian para investor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nindya Aldila

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper