Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bekraf Dorong Lembaga Keuangan Lirik HKI sebagai Jaminan Pembiayaan

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) mendorong lembaga keuangan untuk menerima hak kekayaan intelektual (HKI) sebagai jaminan untuk pembiayaan.
Bekraf logo/bekraf.go.id
Bekraf logo/bekraf.go.id

Bisnis.com, JAKARTA--Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) mendorong lembaga keuangan untuk menerima hak kekayaan intelektual (HKI) sebagai jaminan untuk pembiayaan.

Bekraf berharap lembaga keuangan dan regulator terbuka untuk melihat peluang pembiayaan khususnya pada industri kreatif yang menjadikan HKI sebagai jaminan.

Wakil Kepala Bekraf Ricky Joseph Pesik mengatakan HKI belum menjadi salah satu jaminan di perbankan karena belum ada contoh dan ekosistem yang memadai. Saat ini, industri kreatif mayoritas mengandalkan pendanaan melalui penyertaan modal dari modal ventura.

Ke depan, menurutnya, peluang sangat terbuka bagi pelaku industri kreatif untuk masuk ke pasar modal karena cara pandang regulator semakin terbuka.

Menurutnya, regulator keuangan mulai menilai perusahaan tidak hanya berdasarkan besaran aset saat ini, tetapi juga potensi dan intangible asset.

"Industri [pasar modal] juga menyesuaikan diri untuk melihat potensi dan bukan hanya besaran saat ini. Apple dulu sempat ditolak, lalu menyesal. Memang tentu ada skala bisnis tertentu dulu, sebelum masuk pasar modal," ujarnya kepada Bisnis baru-baru ini.

Secara terpisah, Deputi Akses Permodalan Bekraf Fadjar Hutomo menambahkan tantangan utama masih terletak pada kepemilikan HKI atau Intelectual Property (IP) ownership. Saat ini, jumlah pelaku industri kreatif yang memiliki HKI masih di bawah 11%.

Hambatan lainnya ialah belum adanya ekosistem yang bisa menakar seberapa besar valuasi IP. Tanpa ekosistem yang memadai, monetisasi kepemilikan HKI menjadi pekerjaan yang sulit. Tambah lagi, perbankan belum melihat IP sebagai kolateral atau jaminan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Thomas Mola
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper