Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SABRINA, Inovasi Layanan Digital Perbankan Terbaru Dari BRI

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk terus berinovasi dengan menghadirkan layanan digital yang bertujuan untuk memudahkan nasabah untuk mendapatkan layanan perbankan.

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk terus berinovasi dengan menghadirkan layanan digital yang bertujuan untuk memudahkan nasabah untuk mendapatkan layanan perbankan.

Teranyar, Bank BRI secara resmi meluncurkan layanan virtual assistant chat yang diberi nama SABRINA (Smart BRI New Assistant) pada hari Sabtu (20/1/2018) di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta.

Direktur Jaringan dan Layanan Bank BRI, Mohammad Irfan mengatakan SABRINA dihadirkan sebagai sebuah terobosan baru untuk memenuhi kebutuhan nasabah melalui layanan yang cepat, akurat, aman, dan nyaman.

Bila dulu nasabah perlu menunggu antrian untuk mendapatkan layanan, nasabah kini dimudahkan, cukup dengan chatting bersama SABRINA. Nasabah tidak perlu mendatangi kantor BRI ataupun menelepon CallBRI, SABRINA siap memberikan pelayanan secara langsung.

“Kami senantiasa berupaya memberikan layanan optimal bagi nasabah. Inovasi kali ini kami harapkan semakin memudahkan dan mendekatkan nasabah dalam menggunakan layanan perbankan BRI,” ujarnya.

Dia menjelaskan, layanan SABRINA memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) berbasis chat.

Melalui aplikasi Facebook Messenger dan aplikasi Telegram, nasabah cukup mengklik like dan follow akun “BANK BRI” di Facebook Messenger atau mengakses Telegram dengan menginput @BANKBRI_ID_BOT. Tak hanya kedua aplikasi ini, nantinya SABRINA juga akan hadir di aplikasi messaging lainnya.

Mengenai cara kerja penggunaan SABRINA, sejak greeting awal SABRINA menawarkan keramahan kepada nasabah layaknya Customer Service. Selain menginformasikan promo & kegiatan serta produk Bank BRI, SABRINA bisa mengarahkan lokasi Kantor Cabang BRI/ATM/top Brizzi serta layanan aduan.

Adapun layanan chat bot yang lazim digunakan saat ini terbagi menjadi 2 kategori. Pertama chat bot yang menawarkan percakapan layaknya manusia (humanis) karena diperkaya begitu banyak pola small talk (percakapan).

Kedua, layanan chat bot  yang berperan sebagai media penjualan produk karena diperkaya dengan carousel  (tampilan gambar) dan button menu yang dapat dipilih oleh nasabah, namun  dari sisi percakapan tidak lebih humanis dibandingkan kategori sebelumnya.

 “Untuk memberikan kenyamanan penggunaan chat bot SABRINA kepada nasabah, kami menghadirkan layanan ini dengan mengkombinasikan kedua kategori tersebut.” pungkas Irfan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ropesta Sitorus
Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper