Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Jatim Ajukan Permohonan QR Code ke OJK

PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk. (Bank Jatim) mengajukan permohonan menjadi penerbit sistem pembayaran berteknologi Quick Response Code (QR Code) ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
Bank Jatim./JIBI
Bank Jatim./JIBI

Bisnis.com, JAKARTA-PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk. (Bank Jatim) mengajukan permohonan menjadi penerbit sistem pembayaran berteknologi Quick Response Code (QR Code) ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Direktur Keuangan Bank Jatim Ferdian Timur Satyagraha mengatakan, pihaknya tengah dalam proses pemenuhan beberapa syarat. Perseroan juga sudah melapor ke Bank Indonesia.

"Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi di OJK. Sedangkan untuk BI sudah kami laporkan," katanya kepada Bisnis, Selasa (30/1).

Sektor pertama yang akan diaplikasikan melalui teknologi tersebut adalah jalan tol. Dia berharap, nasabah yang rutin melalui jalan tol di Jawa Timur dapat membayar menggunakan QR code Bank Jatim.

Terkait rencana BI membuat standar QR Code, Ferdian mengatakan pihaknya mendukung. Namun, dia berharap ada sosialisasi terlebih dahulu.

"Pihak bank perlu diberikan sosialisasi sehingga QR Code yang dikeluarkan sesuai standar BI," imbuhnya.

Bank Indonesia menyarankan pihak yang tengah mengembangkan produk pembayaran menggunakan teknologi Quick Response Code (QR Code) untuk menunggu standar yang dibuat BI.

Ida Nuryanti, Direktur Departemen Kebijakan dan Pengawasan Sistem Pembayaran BI mengatakan, standar yang tengah disusun tersebut akan memudahkan penerbit dalam hal investasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Abdul Rahman
Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper