Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KABAR PASAR 31 JANUARI: Bunga Kompetitif, Minat BUMN Tinggi; Pertumbuhan Investasi Tak Maksimal

Berita mengenai kesuksesan dua BUMN konstruksi dalam menghimpun dana di pasar global serta pertumbuhan investasi yang belum maksimal menjadi sorotan sejumlah media massa hari ini, Rabu (31/1/2018).

Bisnis.com, JAKARTA – Berita mengenai kesuksesan dua BUMN konstruksi dalam menghimpun dana di pasar global serta pertumbuhan investasi yang belum maksimal menjadi sorotan sejumlah media massa hari ini, Rabu (31/1/2018).

Berikut rincian topik utama di sejumlah media nasional hari ini:

Bunga Kompetitif, Minat BUMN Tinggi. Kesuksesan dua BUMN konstruksi dalam menghimpun dana di pasar global melalui emisi Obligasi Komodo dengan bunga kompetitif memicu keinginan sejumlah perusahaan pelat merah lain untuk melakukan aksi serupa. (Bisnis Indonesia)

Pertumbuhan Investasi Tak Maksimal. Upaya pemerintah untuk mengerek minat investasi belum maksimal karena pertumbuhan investasi dalam 2 tahun terakhir cenderung stagnan. (Bisnis Indonesia)

LARANGAN TERBATAS Simplifi kasi Diperlukan. Tanpa debirokratisasi atau simplifi kasi perizinan, penyederhanaan larangan pembatasan (lartas) melalui skema post border berpotensi tumpang tindih. Simplifi kasi diperlukan, karena dalam satu barang rata-rata bisa diatur oleh dua atau tiga perizinan dari kementerian atau lembaga yang berbeda. (Bisnis Indonesia)

China Tawarkan Insentif ke Indonesia. Pemerintah China menawarkan insentif khusus kepada Indonesia untuk memasarkan produknya dalam festival China International Import Expo (CIIE). (Bisnis Indonesia)

Penanganan Sengketa Jadi Fokus. Selain memastikan proses pengumpulan pajak beserta administrasinya berjalan baik, reformasi pajak juga akan diarahkan untuk membenahi proses sengketa pajak di pengadilan pajak. (Bisnis Indonesia)

Pemeriksaan Impor Post Border Berlaku. Pemerintah akan mengubah sistem pemeriksaan 1.073 harmonized system (HS) barang impor melalui sistem post border pada 1 Februari 2018. Jika sebelumnya pemeriksaan dilakukan di border oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan, mulai bulan depan akan dipindah menjadi sebelum pelaksanaan impor (post border) oleh kementerian dan lembaga terkait. (Kontan)

Realisasi Investasi Melampaui Target. Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat realisasi penanaman modal ke Indonesia selama tahun 2017 mencapai Rp 692,8 triliun. Jumlah ini melampaui target investasi yang ditetapkan BKPM tahun 2017 sebesar Rp 678,8 triliun. (Kontan)

Badan Khusus Pengembangan Kewirausahaan Bakal Dibentuk. Pemerintah menyiapkan rancangan undang-undang (RUU) tentang Kewirausahaan Nasional. Dalam draf RUU yang masuk Program Legislasi Nasional (Prolegnas) tahun 2018 ini, pemerintah memasukkan usulan Bank Indonesia (BI) yang minta terbentuknya badan atau komite untuk pengembangan kewirausahaan. (Kontan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper