Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Zurich Topas Life Tingkatkan Kontribusi Asuransi Tradisional

PT Zurich Topas Life bakal serius menggarap pasar asuransi tradisional di tengah maraknya unit linked untuk meningkatkan penetrasi asuransi di dalam negeri yang masih sangat rendah.

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Zurich Topas Life bakal serius menggarap pasar asuransi tradisional di tengah maraknya unit linked untuk meningkatkan penetrasi asuransi di dalam negeri yang masih sangat rendah.

Director Chief of Distribution & Communication Zurich Topas Life Rosmaylinda Nasution mengatakan, penetrasi asuransi di dalam negeri masih sangat rendah yakni 3%.

“Kami pasti ingin meningkatkan porsi asuransi tradisional, yaitu dengan meluncurkan beberapa produk tradisional baru tahun ini. Apalagi sekarang banyak yang mulai mencari asuransi kesehatan,” Kamis (1/2/2018).

Menurutnya, variasi produk unit link memang menjadi daya tarik bagi nasabah, mengingat unit linked bisa dimanfaatkan untuk asuransi pendidikan, tabungan pensiun, asuransi kesehatan, dan lainnya.

Hingga saat ini kontribusi premi perusahaan masih ditopang dari produk bundling asuransi dan investasi atau unit linked sebesar 80% dan sisanya adalah asuransi tradisional.

Kendati demikian, pengembangan produk tradisional masih dihadapkan sejumlah tantangan.

“Tantangannya adalah kurangnya pemahaman tentang pentingnya asuransi dari masyarakat karena mereka khawatir uang hilang,” katanya.

Selain gencar mengeluarkan produk asuransi tradisional, Zurich Topas Life tahun ini juga tetap mengandalkan produk bancassurance. Hal itu dilakukan setelah melihat potensi bancassurance yang terus mengalami pertumbuhan.

Head of Bancassurance PT Zurich Topas Life Risye Dilianti mengatakan kontribusi produk bancassurance tahun ini mencapai 46% dari pertumbuhan perusahaan yang mencapai 50% pada kuartal III/2017.

“Kontribusi pendapatan premi sekitar 35% tahun lalu, sisanya dari agency. Tahun ini tentu kami harus mengoptimalkan keduanya karena keduanya memiliki pangsa pasar yang berbeda,” tuturnya.

Hingga saat ini, Zurich Topas Life telah menggandeng dua bank yakni PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk., dan PT Bank Mayapada Internasional Tbk.

Zurich Topas Life baru saja meluncurkan produk asuransi yang menyasar pengusaha mikro yang bekerja sama dengan BTN yang sudah memiliki jaringan nasabah 7,5 juta nasabah.

Dengan premi mulai Rp50.000 per bulan, produk yang dinamai Zurich Prima ini memberikan perlindungan jiwa selama 10 tahun dengan masa pembayaran premi 5 tahun serta jaminan pengembalian premi hingga akhir masa asuransi sebesar 105% dari total

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nindya Aldila
Editor : Anggi Oktarinda
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper