Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BI Akui Konsumsi Belum Kuat

Laju pertumbuhan ekonomi kuartal IV/ 2017 sebesar 5,19% mengindikasikan berlanjutnya pemulihan ekonomi Indonesia, kendati konsumsi masih landai.

Bisnis.com, JAKARTA - Laju pertumbuhan ekonomi kuartal IV/ 2017 sebesar 5,19% mengindikasikan berlanjutnya pemulihan ekonomi Indonesia, kendati konsumsi masih landai.

Asisten Gubernur Kepala Departeman Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI Dody Budi Waluyo perbaikan tersebut juga diikuti oleh konsumsi rumah tangga yang mulai membaik.

"Meskipun perbaikan tersebut belum cukup kuat," kata Dody, Senin (05/02/2018).

Namun, dia melihat tahun ini konsumsi akan meningkat setelah adanya peningkatan alokasi belanja barang pemerintah, bantuan sosial, dana desa dan lainnya terkait dana sosial dalam APBN 2018.

Alokasi dana tersebut diyakini akan meningkatkan pendapatan masyarakat dan kemampuan berkonsumsi. "Dukungan konsumsi juga ditunjukkan dari upaya BI untuk tetap menjaga inflasi rendah dan stabil," ungkap Dody.

BI memproyeksikan inflasi 2018 akan berada di kisaran 3,5 +/- 1% dengan mid poin sebesar 3,5%. Dengan inflasi rendah, dia yakin daya beli masyarakat untuk berkonsumsi lebih besar akan meningkat.

Selain itu, acara besar yang bersifat internasional dan politik diharapkan juga akan memperbesar konsumsi masyarakat sehingga berdampakk positif bagi pertumbuhan ekonomi 2018.

Terkait dengan permasalahan kepercayaan konsumen khususnya pada kelompok menengah yang menahan belanja, BI berharap kondisi tersebut akan berangsur membaik didasari kegiatan ekonomi yg terus membaik di tahun 2018.

Lebih lanjut, Dody mengungkapkan pihaknya juga berharap konsolidasi korporasi segera selesai. Dengan demikian, korporasi akan memperbesar belanja modal untuk memperbesar investasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hadijah Alaydrus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper