Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Patut Ditiru, 5 Gaya Irit Orang Berusia 20 Tahunan Ini

Apakah Anda termasuk seseorang yang berumur sekitar 20 tahun dan masih merasa tertatih untuk memenuhi kebutuhan hidup Anda? Wajar saja. Namun, ternyata kebiasaan irit orang usia 20-an sangat patut dicontoh.
Ilustrasi/Sheknows
Ilustrasi/Sheknows

Bisnis.com, JAKARTA -  Apakah Anda termasuk seseorang yang berumur sekitar 20 tahun dan masih merasa tertatih untuk memenuhi kebutuhan hidup? Wajar saja. Namun, ternyata kebiasaan irit orang usia 20-an sangat patut dicontoh.

Mungkin pada usia 20-an, Anda masih belum bisa merasakan tinggal di rumah yang dibeli sendiri, menyetir mobil impian Anda, atau mengajak orangtua berwisata ke luar negeri. Nah, meskipun pendapatan yang tidak seberapa, umur 20 tahun adalah saat yang paling tepat untuk memantapkan kondisi finansial di masa depan.

Berikut adalah lima tip gaya hidup irit ala orang usia 20 yang patut dicontoh, dikutip dari The Balance:

1. Hiduplah layaknya mahasiswa

Pertahankanlah gaya hidup mahasiswa selama mungkin, meski Anda sudah mendapatkan pekerjaan atau promosi. Tinggalah bersama teman, memasak makanan Anda sendiri ketimbang jajan di restoran, atau menggunakan pakaian diskon.

2. Mencari pendapatan tambahan

Meski sudah memiliki pekerjaan tetap, tidak ada salahnya Anda mencari pekerjaan sambilan yang bisa Anda kerjakan pada malam hari atau hari libur. Dengan begitu, Anda bisa memperkuat neraca keuangan Anda.

3. Fokus pada karir

Usia 20 adalah waktur yang sangat tepat bagi Anda memantapkan karir. Berikan 110% energi Anda pada pekerjaan Anda dan cermatlah dalam mengambil setiap langkah. Perluaslah jejaring Anda sehingga meningkatkan kesempatan Anda untuk mendapatkan kesempatan yang lebih baik.

4. Menabung untuk pensiun

Banyak pilihan tabungan pensiun yang bisa Anda gunakan, misalkan tabungan berencana yang bisa Anda dapatkan di bank. Tabungan pensiun bukanlah sesuatu yang Anda inginkan tetapi perlukan.

Artinya, tabungan pensiun adalah hal serius yang perlu Anda miliki. Jangan ganggu tabungan pensiun Anda untuk mebayar kebutuhan lainnya.

5. Prioritaskan membayar utang

Berkomitmenlah untuk mengutamakan membayar tagihan hutang setiap kali gaji masuk. Untuk itu, Anda harus bisa menyeimbangkan antara membayar hutang menabung, dan berinvestasi karena ketiganya sangat krusial untuk membangun basis finansial Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nindya Aldila
Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper