Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TIPS KEUANGAN: Begini Caranya Agar Komitmen pada Bujet Anda

Membuat bujet sejatinya bukanlah persoalan sulit. Justru, semakin sederhana Anda membuat bujet, semakin mudah Anda berkomitmen untuk mematuhinya.
Tips Keuangan. /Bisnis.com
Tips Keuangan. /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA -  Membuat bujet sejatinya bukanlah persoalan sulit. Justru, semakin sederhana Anda membuat bujet, semakin mudah Anda berkomitmen untuk mematuhinya.

Membuat bujet mungkin tidak sulit, tetapi berkomitmen untuk tidak keluar dari bujetlah yang sulit. Berikut adalah beberapa tip agar Anda berkomitmen pada bujet Anda, yang dikutip dari Investopedia:

1. Otomatisasi pembayaran Anda

Berhenti mengkhawatirkan soal kapan Anda harus membayar apa. Otomatisasi saja semuanya dengan aun perbankan Anda setiap bulannya. Dengan begitu Anda tidak lagi perlu melakukan pengecekan invoice atau mengecek email akibat keterlambatan pembayaran sehingga menimbulkan denda.

2. Menabung dulu, belanja kemudian

Gunakan auto kredit pada akun payroll Anda ke rekening tabungan Anda. Hal ini sangat berguna untuk menentukan bahwa Anda berhasil menabung sesuai dengan rencana Anda. Dengan demikian, uang yang seharusnya Anda tabung tidak akan lantas hilang.

3. Gunakan catatan yang sederhana

saat ini banyak aplikasi bujet online tersedia. Namun, jika Anda tidak terbiasa, Anda bisa gunaka cara konvensional seperti catatan di buku atau menggunakan Microsoft Excel. Yang penting, gunakan metode mencatat yang paling nyaman bagi Anda.

4. Pembulatan

Jika Anda lupa berapa uang yang Anda keluarkan untuk membeli air mineral dan sedikit biskuit camilan tadi, bulatkan saja jumlahnya. Misalkan Anda mengira-ngira Uang yang Anda keluarkan Rp17.000, bulatkan saja menjadi Rp20.000. Hal ini agar bujet Anda sebenarnya tidak sebesar yang Anda habiskan.

5. Rencanakan pengeluaran ekstra

Terkadang, pengeluaran Anda akan keluar dari bujet, entah karena harus servis mobil atau membelikado untuk teman yang ulangtahun. Itulah guna dana darurat untuk pengeluaran ekstra. Selain akun tabungan, buat akun baru khusus untuk dana tak terduga yang berasal dari menyisihkan uang setiap bulannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nindya Aldila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper