Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nilai Pertanggungan Asuransi Pengangkutan Daging Kerbau Asal India Rp939 Miliar

Proses tender asuransi pengangkutan daging kerbau beku asal India oleh Perum Bulog kini dalam tahap klarifikasi. Ada tujuh perusahaan asuransi umum yang ikut serta dalam tender tersebut.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, JAKARTA -- Proses tender asuransi pengangkutan daging kerbau beku asal India oleh Perum Bulog kini dalam tahap klarifikasi. Ada tujuh perusahaan asuransi umum yang ikut serta dalam tender tersebut.

Sekretaris Perum Bulog Siti Kuwati menyampaikan, ada tujuh perusahaan asuransi umum yang masuk dalam tender asuransi pengangkutan daging kerbau beku asal India. Meski demikian, dia tidak dapat menyebutkan nama perusahaan asuransi umum yang ikut serta daam tender.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan nilai pertanggungan dari kontrak tahap awal tersebut sebesar Rp939 miliar. Nilai tersebut mencakup kontrak pemasukan daging kerbau asal India sebanyak 20.000 ton.

Jaminan perlindungan yang diberikan berupa jaminan asuransi pengangkutan untuk komoditi dalam kontainer berpendingin. Asuransi pengangkutan yang diberikan mencakup jaminan perlindungan pengangkutan sejak dari pelabuhan negara eksportir sampai ke gudang Bulog.

"Saat ini rapat penjelasan pekerjaan dan hal-hal lain teknisnya," katanya, Rabu (7/3/2018).

Dalam pemasukan daging kerbau asal India, Bulog menerapkan skema Cost and Freight (CFR). Melalui skema tersebut, Bulog dapat melibatkan perusahaan asuransi nasional dalam proses pengapalannya. Skema serupa juga digunakan dalam pemasukan beras asal Thailand, Vietnam, Pakistan, dan India, beberapa waktu lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Azizah Nur Alfi
Editor : Annisa Margrit
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper