Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BTN Kucurkan Kredit Rumah Karyawan Lion Air Group

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. memberikan komitmennya untuk mendukung pembiayaan perumahan bagi pegawai Lion Air Group.
Suasana layanan di kantor PT Bank Tabungan Negara Tbk di Jakarta, Senin (8/1)./JIBI-Dedi Gunawan
Suasana layanan di kantor PT Bank Tabungan Negara Tbk di Jakarta, Senin (8/1)./JIBI-Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. memberikan pembiayaan perumahan bagi pegawai Lion Air Group.

BTN menyatakan kesiapannya untuk memberikan dukungan pembiayaan pembangunan lebih dari 2.000 unit rumah yang disiapkan Lion Air Group bagi para pegawainya di wilayah Lebak-Banten melalui pembiayaan KPR Bank BTN.

Maryono, Direktur Utama Bank BTN, mengatakan bahwa dukungan pembiayaan bagi ribuan rumah yang akan dibangun oleh developer PT Bintang Energi Lestari (BEL) tersebut juga merupakan bagian dari Program Satu Juta Rumah.

“Kami siap memberikan dukungan pembiayaan pembangunan rumah untuk pegawai Lion Air Group. Ini adalah bagian dari komitmen korporasi untuk mendukung Program Satu Juta Rumah yang diinisiasi oleh pemerintahan Jokowi-JK,” ujarnya, usai penandatanganan nota kesepahaman antara BTN, Lion Air Group dan PT BEL di Jakarta, Kamis (8/3/2018).

Maryono menegaskan komitmen BTN pada 2018 tetap akan mendukung program Satu Rumah dimana perseroan menargetkan penyaluran kredit dan pembiayaan bagi 750.000 unit hunian.

Adapun dalam MOU yang ditandatangani antara Bank BTN, Lion Air Group dan PT BEL tersebut disepakati Bank BTN akan memberikan dukungan layanan perbankan kepada pihak Lion Air Group dan PT BEL.

“Dukungan lebih diarahkan kepada pembiayaan atas pembangunan rumah yang akan dimanfaatkan oleh pihak Lion Air Group yang diperuntukkan bagi pegawai dibawah Lion Air Group," ujarnya.

Menurutnya hal itu adalah payung kerjasama yang disepakati bersama untuk dapat segera ditindaklanjuti dalam kerjasama lanjutan untuk dapat segera merealisasikannya.

"Perseroan tentu saja siap memberikan dukungan atas proyek itu termasuk dalam kerjasama lain bersama Lion Air Group yang nanti dapat kita kembangkan secara bersama,” jelas Maryono.

Hunian yang rencananya akan dibangun tersebut sebagai fasilitas perusahaan bagi pegawai Lion Air Group dengan pembiayaan BTN melalui pola pembiayaan menggunakan skema subsidi dan non-subsidi.

Edward Sirait, President Director Lion Air Group mengatakan bahwa Lion Air Group mengaku senang dengan adanya sinergi dengan Bank BTN dalam mendukung program apresiasi kepada karyawan melalui mekanisme pembiayaan yang diberikan.

"Bank BTN merupakan perbankan terdepan dan terpercaya dalam memfasilitasi sektor perumahan serta jasa layanan keuangan dengan mengedepankan akuntabel dan saling menguntungkan. Lion Air Group optimis, kontribusi aktif Bank BTN sangat membantu dan mendukung sektor perumahan karyawan kami," ujarnya.

Sementara itu Lion Air Group berkomitmen penuh memfasilitasi karyawan dalam memiliki rumah yang terjangkau, menawarkan skema pembiayaan dengan besaran uang muka dan angsuran yang disesuaikan kemampuan pekerja.

"Hal ini sebagai wujud inisiasi perusahaan sejalan dengan program pemerintah dan Bank BTN sebagai integrator utama Program Satu Juta Rumah,” tambah Edward.

Lebih lanjut Edward mengatakan bahwa komitmen Lion Air Group akan menjadi perusahaan grup berbasis penyedia layanan perjalanan udara dan non-penerbangan. "Sejalan kesungguhan itu, kami sangat menghargai kerjasama dan kerja keras dari karyawan," ujarnya.

Oleh karenanya, Lion Air Group akan meningkatkan kesejahteraan karyawan dengan mendukung pembiayaan sektor hunian di Perumahan Bintang Maja Lestari melalui fasilitas dari Bank BTN dan pihak pengembang yaitu Bintang Energi Lestari.

Ishak, Direktur PT Bintang Energi Lestari mengatakan bahwa trend properti di Banten dimulai dari meningkatnya kebutuhan akan hunian yang nyaman dan terjangkau.

"Dalam jangka panjang, trend itu bergerak pada kebutuhan institusi pendidikan lalu kawasan komersial seperti rumah toko hingga ke gedung perkantoran," ujarnya.

Selain itu, lanjut dia, dengan melonjaknya harga tanah di DKI Jakarta dan Tangerang Raya, membuat daerah penunjang seperti kabupaten Lebak yang berdekatan dengan Tangerang menjadi daerah yang sangat potensial untuk pengembangan perumahan, di mana Tangerang itu sendiri berdekatan lokasinya dengan kawasan komersial Jakarta.

PT. Bintang Energi Lestari (PT. BEL) selaku pengembang berencana membangun kawasan hunian dengan berbagai type rumah mulai dari rumah type 22/60, 36/72 sampai rumah bangunan komersial dua lantai.

Kawasan hunian yang akan dibangun oleh PT. BEL diberi nama “Perumahan Bintang Maja Lestari”. Proyek Pembangunan Perumahan Bintang Maja Lestari akan dilakukan secara bertahap.

Untuk tahap pertama akan dibangun sebanyak 4.000 unit rumah dan dalam 2 tahun ke depan akan dibangun sebanyak 15.000 unit rumah.

Sementara itu sepanjang 2017, Bank BTN telah menghasilkan kinerja yang sangat baik dimana Aset tumbuh 22,04% (y.o.y) menjadi Rp261,36 triliun. Kredit dan pembiayaan pada periode yang sama tumbuh 21,01% menjadi sebesar Rp198,99 triliun.

Bank BTN terus memberikan komitmen untuk mendukung Program Satu Juta Rumah, di mana pada 2017, Bank BTN telah berhasil untuk memberikan kredit dan pembiayaan bagi 667.312 unit hunian dari target sebesar 666.000 unit hunian dengan nominal sebesar Rp71,54 triliun.

Kredit tersebut tersalur untuk mendukung KPR bagi 252.783 unit rumah sebesar Rp40,30 triliun dan untuk mendukung kredit konstruksi bagi pembangunan 414.529 unit hunian sebesar Rp31,24 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper