Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kebijakan Subsidi Belum Adil

Kebijakan subsidi diangggap belum mencerminkan keadilan. Pasalnya, beberapa kelompok masyarakat yang tak menikmati subsidi, misalnya masyarakat yang belum teraliri listrik, tak mendapat kompensasi dari subsidi yang digelontorkan pemerintah.
Subsidi Listrik. /Bisnis.com
Subsidi Listrik. /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Kebijakan subsidi diangggap belum mencerminkan keadilan. Pasalnya, beberapa kelompok masyarakat yang tak menikmati subsidi, misalnya masyarakat yang belum teraliri listrik, tak mendapat kompensasi dari subsidi yang digelontorkan pemerintah.

Iwa Garniwa Guru Besar Fakultas Teknik Universitas Indonesia mengatakan dalam konteks listrik, rasio elektrifikasi di Indonesia cenderung membaik. Namun demikian, penerapan subsidi listrik masih cenderung belum adil, karena masyarakat yang belum menikmati listrik tak terjangkau subsidi.

"Ada kesalahpahaman mengenai subsidi. Dalam BBM juga demikian, seharusnya saudara kita yang sekolah dengan jalan kaki juga harus diberikan kompensasi," kata Iwa dalam diskusi Forum Kebangsaan di Universitas Indonesia, Kamis (8/3/2018).

Pola pengelolaan subsidi yang demikian, lanjut Iwa, seharusnya segera diubah. Artinya setiap subsidi yang dileluarkan oleh pemerintah harus bisa mencerminkan keadilan bagi masyarakat yang menikmati subsidi maupun yang tak terjangkau subsidi.

Adapun persoalan subsidi menjadi perdebatan hangat akhir-akhir ini, ketika pemerintah memberi sinyal untuk menaikan anggaran subsidi energi. Alasan utama penaikan subsidi salah satunya adalah lonjakan harga minyak di atas asumsi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2018.

Rencana penambahan anggaran subsidi itu pun memicu sejumlah kontroversi mulai dari anggapan bahwa kebijakan itu terkait dengan momen tahun politik, tetapi di satu sisi penambahan subsidi itu dianggap sebagai sinyal buruk dalam pengelolaan anggaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Edi Suwiknyo
Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper