Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dorong Pembiayaan Perumahan, SMF Gandeng Perusahaan Malaysia

PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) menandatangani kerja sama penelitian dan program pembiayaan perumahan dengan perusahaan sekuritisasi nasional dari Malaysia, Cagamas, terkait dengan penelitian dan program di bidang pembiayaan perumahan.
Logo PT Sarana Multigriya Finansial (Persero)./Istimewa
Logo PT Sarana Multigriya Finansial (Persero)./Istimewa
Bisnis.com, JAKARTA - PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) menandatangani kerja sama penelitian dan program pembiayaan perumahan dengan perusahaan sekuritisasi nasional dari Malaysia, Cagamas, terkait dengan penelitian dan program di bidang pembiayaan perumahan.
 
Direktur Utama PT Sarana Multigriya Finansial (SMF) Ananta Wiyogo mengatakan jalinan kemitraan tersebut menjadi sinergi nyata kedua belah pihak dalam rangka kerja sama antara anggota Asian Secondary Mortgage Market Association (ASMMA), khususnya dalam pengembangan pasar pembiayaan perumahan. 
 
“Adanya kerjasama ini diharapkan dapat menjadi langkah awal dan dasar bagi kedua belah pihak dalam melakukan kerjasama, penelitian, berbagi informasi, berbagi pengetahuan, yang berkaitan erat dengan pembiayaan perumahan,” ucap Ananta dalam keterangan resmi, Senin (19/3/2018).
 
Ananta berharap penandatanganan kerja sama tersebut dapat lebih meningkatkan sinergi kedua belah pihak dalam memfasilitasi pengembangan pasar pembiayaan perumahan di kedua negara, dan meningkatkan kemampuan serta pengetahuan personil di kedua belah pihak.
 
“Kami optimis bahwa ke depannya sinergi ini, selain dapat lebih mempererat hubungan kekeluargaan kedua belah pihak, juga dapat menjadi kontribusi dalam pertumbuhan pasar pembiayaan sekunder perumahan di masing-masing negara dalam mendukung pertumbuhan ekonomi di kawasan Asia,” kata Ananta.
 
Dalam kesempatan yang sama, CEO Cagamas Datuk Chung Chee Leong menyambut baik jalinan kerja sama antara Cagamas dengan SMF. Apalagi, SMF adalah perusahaan milik pemerintah dan Cagamas dimiliki secara tidak lansung oleh Bank Negara Malaysia dan berbagai lembaga keuangan di Malaysia dengan peran mengembangkan pasar pembiayaan sekunder perumahan.
 
Rencananya kerja sama antara SMF dan Cagamas ini akan berlangsung selama satu tahun. "Dalam kerjasama ini baik SMF maupun Cagamas akan melakukan eksplorasi solusi, pertukaran informasi kebijakan."
 
Penelitian dalam kerja sama tersebut bakal terkait dengan 7 hal. Pertama, instrumen keuangan yang dapat meningkatkan stabilitas pasar pembiayaan perumahan. Kedua, efek beragun perumahan (MBS) dan instrumen pendanaan lainnya untuk meningkatkan arus dana dari pasar modal ke pasar perumahan.
 
Ketiga, yakni pemantauan harga perumahan serta implikasinya terhadap pembiayaan perumahan. Keempat, manajemen risiko yang menjamin kesehatan pasar MBS. Kelima, adalah keuangan Islam dan kerangka peraturan dan pengawasannya yang memfasilitasi kerjasama lintas batas.
 
Keenam adalah perbandingan pembiayaan perumahan dan aktivitas investor di Indonesia dan Malaysia dan. Ketujuh, mengidentifikasi dan mengurangi hambatan untuk investor swasta maupun publik dalam investasi mereka dalam sekuritas yang dikeluarkan oleh perusahaan pembiayaan sekunder perumahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Anggi Oktarinda

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper