Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Mandiri Luncurkan Chatbot Bernama MITA

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. berupaya untuk meningkatkan akses nasabah terhadap layanan perbankan melalui fitur chatbot yang disebut dengan MITA atau Mandiri Intelligence Assistant.
Bank Mandiri MITA
Bank Mandiri MITA

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. berupaya untuk meningkatkan akses nasabah terhadap layanan perbankan melalui fitur chatbot yang disebut dengan MITA atau Mandiri Intelligence Assistant.

Layanan ini merupakan chatbot yang berfungsi sebagai customer service virtual yang dapat melayani nasabah selama 7x24 jam yang tersedia pada website resmi Bank Mandiri

Menurut Direktur Operations Bank Mandiri Ogi Prastomiyono, chatbot MITA merupakan salah satu langkah transformasi digital Bank Mandiri dalam memberikan layanan yang lebih efektif, efisien, dan customer-oriented.

“Kami yakin langkah ini dapat membantu perseroan memenangkan persaingan di industri keuangan. Sebab, layanan ini dapat memberikan kemudahan akses bagi nasabah,” kata ujarnya pada peresmian tampilan baru website Bank Mandiri dan layanan MITA di Jakarta, Senin (19/3/2018).

Dia menambahkan langkah ini merupakan bentuk adaptasi perseroan terhadap tren dan kebutuhan layanan contact center modern.

Pada 2017 interaksi melalui layanan contact center digital Bank Mandiri, yakni email dan media sosial, mencapai 10% dari total interaksi ke contact center. Adapun, frekuensinya meningkat sekitar 40% dari tahun sebelumnya.

Dari rasio tersebut, interaksi nasabah di layanan email dan media sosial terdiri atas permintaan informasi sebanyak 51%, permintaan bantuan 28% dan keluhan 21%.

“Artinya, kanal digital ini semakin diminati nasabah dan non-nasabah, seiring dengan perkembangan telepon seluler,” ujar Ogi.

Layanan MITA dapat juga diakses masyarakat melalui aplikasi chatting telepon seluler, seperti aplikasi LINE di alamat @bankmandiri, facebook messenger di @bankmandiri dan telegram di @bankmandiri_officialbot

Disamping itu Bank Mandiri jmemperkenalkan tampilan baru dari halaman website resminya untuk memudahkan masyarakat berinteraksi dan mencari informasi tentang Bank Mandiri.

Direktur Digital Banking & Technology Bank Mandiri Rico Usthavia Frans mengemukakan, perubahan tampilan website ini merupakan respon perseroan atas masukan nasabah, stakeholder dan berbagai kalangan di masyarakat serta kajian internal perusahaan.

“Melalui pembaruan ini, kami ingin meningkatkan kualitas dan pola komunikasi perusahaan dan seluruh stakeholder, termasuk nasabah dan regulator. Kami pun terbuka atas ruang-ruang perbaikan lain guna mengembangkan website ini,” ungkap Rico.

Bank Mandiri saat ini memiliki 21,9 juta nasabah tabungan dan 1,8 juta nasabah kredit hingga akhir Desember 2017.

Adapun rata-rata visitor website Bank Mandiri tercatat 155.000 visitor per hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper