Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BTN Ingin Tingkatkan Porsi Kredit UMKM Sampai 20%

Bisnis.com, JAKARTA PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. menargetkan porsi kredit kepada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah alias UMKM membesar hingga mencapai kisaran 20%.
Pekerja melakukan proses pengolahan kedelai di salah satu pabrik di Jakarta, Selasa (13/3/2018)./JIBI-Nurul Hidayat
Pekerja melakukan proses pengolahan kedelai di salah satu pabrik di Jakarta, Selasa (13/3/2018)./JIBI-Nurul Hidayat


Bisnis.com, JAKARTA — PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. menargetkan porsi kredit kepada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah alias UMKM membesar hingga mencapai kisaran 20%.

Direktur Utama BTN Maryono mengatakan bahwa pihaknya sudah banyak berkontribusi guna memperbesar porsi kredit UMKM dengan menyalurkannya melalui kredit konstruksi untuk pengembang hunian skala UKM maupun melalui KPR kepada masyarakat.

“Porsi kredit UMKM kami sudah sekitar 13% dan akan ditingkatkan mencapai 20%. Kami memasukkan debitur yang notabene pengembang properti skala UKM dalam penyaluran kredit UMKM ini,” ucapnya, di Jakarta, Selasa (20/3/2018).

Belum lama ini, Presiden Joko Widodo mengutarakan keinginannya agar porsi kredit UMKM naik hingga di atas 30% dari total penyaluran kredit perbankan. Kini porsinya baru sekitar 20%. Angka ini dinilai kecil jika dibandingkan dengan kontribusi UMKM terhadap pertumbuhan ekonomi.

"Saya setuju bahwa kredit yang disalurkan kepada UMKM sekitar 20% dari kredit yang ada ini sangat kecil sekali. Saya masih berpikir harusnya bisa lebih dari 30%," kata Jokowi.

BTN menilai bahwa pemerintah perlu mengkaji lebih jauh terkait mandat Presiden Joko Widodo supaya perbankan meningkatkan porsi kredit UMKM di atas 30% dari total penyaluran kredit.

Direktur Keuangan dan Treasuri BTN Iman Nugroho Soeko menuturkan bahwa untuk bank seperti BTN agaknya perlu pengkhususan terkait penetapan target porsi kredit UMKM. Pasalnya, peningkatan porsi pinjaman UMKM harus mengubah peta distribusi kredit perseroan.

“Kalau kita berikan 30% kredit untuk developer hunian skala UKM maka kami jadi harus mengurangi porsi kredit pemilikan rumahnya, padahal KPR untuk masyarakat berpenghasilan rendah juga menjadi target utama pemerintah,” ucapnya kepada Bisnis.

Profil kredit UMKM BTN sejauh ini banyak disalurkan kepada developer kecil untuk proyek rumah murah. Mayoritas pengembang hunian rumah murah, imbuh Iman, skala bisnisnya terbilang kecil atau menengah.

“Kami biayai perumahan untuk MBR yang biasanya dibangun pengembang kecil, mereka pada umumnya masuk kriteria UKM jadi kami salurkan kredit konstruksi ke mereka. Porsinya sekarang sekitar 13% dari total kredit,” tutur dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dini Hariyanti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper