Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

AKSES, Langkah Awal Adira Finance Menuju Perusahaan Digital Multifinance

Di hadapan sejumlah pelanggan terpilih dan ratusan awak media, jajaran manajemenPT.Adira Dinamika Multi Finance Tbk (Adira Finance) menunjukkan keseriusannya untuk bertransformasi menjadi Multifinance Digital Company di Tanah Air pada tahun 2020.
Direktur Utama Adira Finance, Hafid Hadeli (tengah) didampingi jajaran direksi dan manajemen Adira Finance memperlihatkan tampilan aplikasi AKSES Adira Finance di acara peluncuran Akses Adira Finance, Rabu (21/3/2018). /Bisnis.com-Yusran
Direktur Utama Adira Finance, Hafid Hadeli (tengah) didampingi jajaran direksi dan manajemen Adira Finance memperlihatkan tampilan aplikasi AKSES Adira Finance di acara peluncuran Akses Adira Finance, Rabu (21/3/2018). /Bisnis.com-Yusran

Bisnis.com, JAKARTA - Di hadapan sejumlah pelanggan terpilih dan ratusan awak media, jajaran manajemen PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (Adira Finance) menunjukkan keseriusannya untuk bertransformasi menjadi perusahaan digital multifinance (multifinance digital company) di Tanah Air pada 2020.

Gongnya ditabuh dengan meluncurkan Akses Adira Finance, sebuah aplikasi layanan konsumen berbasis internet di Empirica, SCBD, Jakarta Selatan, Rabu (21/3/2018).

Aplikasi ini sudah diperkenalkan ke publik pada September 2017 dalam versi beta. Sekarang hadir dalam bentuk lebih komprehensif dan kaya fitur sehingga diharapkan bisa memberikan layanan maksimal kepada para pelanggan Adira yang kini telah mencapai lebih dari 3 juta orang.

"Aplikasi ini dihadirkan sebagai jawaban atas aspirasi para pelanggan kami yang berharap mendapatkan pelayanan lebih maksimal dengan pendekatan terkini di era digital. Saat ini sudah bisa diunduh pada smartphone Android melalui Google Playstore atau dapat diakses melalui portal aksesadirafinance.com," kata Direktur
Utama Adira Finance Hafid Hadeli dalam acara peluncuran bertajuk "Satu Akses Berbagai Kemudahan", Rabu (21/3/2018).

Dia mengakui dengan jumlah pelanggan yang mencapai 3 juta lebih, channel pelayanan luring sudah dirasakan kurang maksimal dalam memberikan pelayanan. Itu bisa dirasakan di kantor-kantor layanan yang seringkali diwarnai antrean panjang pelanggan.

Kehadiran layanan digital ini diharapkan bisa mengatasi situasi seperti itu karena cukup mengandalkan smartphone, Akses Adira Finance bisa memenuhi kebutuhan pelanggan.

"Aplikasi ini semakin menyempurnakan layanan kami kepada pelanggan dan dari sinilah kami bergerak guna mewujudkan Adira Finance sebagai perusahaan digital multifinance pada 2020," kata Hafid, yang disambut dengan riuh tepuk tangan hadirin.

Direktur Adira Finance, Swandajani Gunadi mengatakan Akses Adira Finance akan mengatasi berbagai masalah yang seringkali dihadapi oleh para pelanggan dan mengharuskan mereka untuk mendatangi kantor layanan yang terdekat dari tempat domisili. Contohnya, lupa nomor kontrak dan waktu jatuh tempo pembayaran.

"Nah hal-hal seperti itu, kini sudah bisa diatasi dengan cukup mengandalkan smartphone untuk mengakses aplikasi Akses. Ke depannya aplikasi ini akan semakin disempurnakan sehingga diharapkan semua permasalahan pelanggan bisa teratasi dengan efektif dan efisien," ujarnya.

Head of TI Adira Finance Dodi Soewandi menjelaskan fitur-fitur yang disematkan pada aplikasi Akses akan semakin memudahkan para pelanggan dalam mengakses berbagai layanan yang disediakan oleh Adira.

Fitur-fitur tersebut di antaranya:

  • Notifikasi dan reminder jatuh tempo dan overdue cicilan: konsumen akan mendapatkan reminder untuk pembayaran angsuran di H-7, H-3 dan pada saat hari H jatuh tempo.
  • Informasi detil kontrak konsumen: termasuk nomor perjanjian kontrak, jumlah angsuran, objek pembiayaan, tanggal jatuh tempo.
  • Informasi pelayanan: termasuk lokasi cabang dan contact care Adira Finance, alternatif pilihan pembayaran angsuran, dan informasi produk dan layanan Adira Finance serta promo yang berlangsung.
  • Simulasi kredit untuk calon konsumen.
  • Jejak Angsuran yang sudah dibayarkan dan informasi denda (bila ada)

"Di semester pertama tahun ini juga, ada beberapa fitur penting yang semakin melengkapi AKSES yakni live chat, reservasi pengambilan BPKB, pengajuan perpanjangan STNK, pengajuan kredit," tuturnya.

Adira Finance merupakan perusahaan pembiayaan yang melayani pembiayaan beragam merek dan prod uk, baik untuk sepeda motor maupun mobil, baru maupun bekas serta pembiayaan durables dan multiguna. Didirikan pada 1990 dan mulai beroperasi pada 1991.

Sejak 2009, Adira Finance menjadi bagian dari Temasek Holdings melalui mayoritas kepemilikan sebesar 95% saham oleh Bank Danamon.

Didukung oleh lebih dari 22.000 karyawan dan 698 jaringan usaha yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia, Adira Finance melayani lebih dari 3,7 juta konsumen dengan jumlah piutang yang dikelola sebesar Rp45,6 triliun dan menguasai pangsa pasar 15,7% untuk sepeda motor baru dan 5,7% untuk mobil baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Yusran Yunus
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper