Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Harapan Bos BRI Kepada Gubernur BI yang Baru

Keputusan Komisi XI yang memilih Perry Warjiyo sebagai Gubernur Bank Indonesia mendapat sambutan positif dari kalangan bankir, khususnya dari bos PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.
Direktur Utama Bank BRI Suprajarto (kiri)/JIBI-Dedi Gunawan
Direktur Utama Bank BRI Suprajarto (kiri)/JIBI-Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA – Keputusan Komisi XI yang memilih Perry Warjiyo sebagai Gubernur Bank Indonesia mendapat sambutan positif dari kalangan bankir, khususnya dari bos PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.

Direktur Utama Bank BRI Suprajarto menyatakan dia optimistis Bank Indonesia akan lebih baik di bawah kepemimpinan Perry.

Namun, Suprajarto menggarisbawahi beberapa poin poin yang menjadi harapannya untuk kebijakan BI ke depan.

“Harapan saya bank sentral tetap menjaga kebijakan yang menciptakan stabilitas pasar sehingga volatilitas nilai tukar tidak terlalu tinggi dengan selalu hadir di market ketika permintaan meningkat,” katanya kepada Bisnis, Sabtu (31/3/2018).

Selain itu, dia juga mendorong Perry untuk mempertahakan tingkat inflasi yang sudah relatif baik sehingga tingkat suku bunga riil dan likuiditas tetap terjaga.

Dua ekspektasi lain yang disampaikan Suprajarto yakni dukungan BI bagi industri perbankan, seperti pertumbuhan kredit dan perkembangan persaingan industri.

“Kebijakan yang dapat mendorong pertumbuhan kredit agar mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi, seperti relaksasi loan to value (LTV) untuk KPR [kredit pemilikan rumah], relaksasi GWM [Giro Wajib Minimum] Averaging untuk likuditas, tentunya disesuaikan dengan kondisi makro ekonomi.”

Terakhir, dia berharap arah kebijakan BI yang mendukung kolaborasi perbankan dengan teknologi finansial dalam sistem pembayaran, dengan tetap mengutamakan aspek keamanan dan perlindungan data nasabah.

“Harapannya jika berada pada playing field level yg sama, dari sisi regulasinya juga sebaiknya harus sama, tidak dikecualikan.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ropesta Sitorus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper