BUMDes Mitra BRI dan Nasabah UMKM BRI Tembus Pasar Global

Kuala Lumpur PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. terus tunjukkan komitmen mendorong para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah naik kelas dengan cara meningkatkan promosi produk lokal di tingkat internasional.
 Duta Besar Indonesia Rusdi Kirana (dari kiri), Direktur Utama BRI Suprajarto,  dan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro  Sandjojo meninjau lokasi salah satu BUMDes BRI Pada Indonesia Archipelago  Exhibition 2018 di Kuala Lumpur, 3 April 2018.
Duta Besar Indonesia Rusdi Kirana (dari kiri), Direktur Utama BRI Suprajarto, dan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo meninjau lokasi salah satu BUMDes BRI Pada Indonesia Archipelago Exhibition 2018 di Kuala Lumpur, 3 April 2018.

Kuala Lumpur – PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. terus tunjukkan komitmen mendorong para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah naik kelas dengan cara meningkatkan promosi produk lokal di tingkat internasional. Kali ini, Bank BRI mengirimkan BUMDes Mitra Bisnis dan pengusaha UMKM binaan untuk mengikuti Pameran Indonesia Archipelago Exhibition (ARCHEX) 2018 yang diselenggarakan di Gedung Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI), Kuala Lumpur, Malaysia (03/04). 

Acara yang diinisiasi oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (KEMENDES) RI serta Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kuala Lumpur di Malaysia ini diselenggarakan dalam rangka optimalisasi pengembangan ekonomi mikro berbasis perdesaan melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) serta mendorong daya saing para pelaku ekonomi mikro nasional agar mampu bersaing secara global.

“Dengan berpartisipasi dalam acara ini, Bank BRI ingin memperkenalkan berbagai Produk Unggulan Kawasan Pedesaan (Prukades) yang dibawa oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan Kelompok Usaha Ekonomi Desa UMKM dari Indonesia di kancah internasional,” kata Direktur Hubungan Kelembagaan Bank BRI Sis Apik Wijayanto.

Melalui pameran Prukades ini pengusaha dapat memperluas pasar produk-produk unggulan Desa. “Kami terus mendorong seluruh nasabah binaan Bank BRI dan berbagai produk unggulan BUMDes agar naik kelas, salah satunya dengan mengikutsertakan di event nasional dan internasional seperti ini. Hal ini bertujuan untuk mendorong UMKM nasional Go Digital dan Go Global,” ungkap Sis Apik Wijayanto.

BUMDes Binaan BRI yang turut dalam acara ARCHEX 2018 antara lain BUMDes Bungai Jaya, BUMDes Maju Mandiri, BUMDes Matigisene, BUMDes Tarakan, BUMDes Gemata dan Cisuka. Adapun Kelompok Usaha yang diikutsertakan antara lain dari Takengon, Bandar Lampung, Denpasar, Bengkulu dan Palu.Hingga saat ini Bank BRI telah menjadikan lebih dari 13.000 BUMDes sebagai Mitra Bisnis Bank BRI di seluruh Indonesia, dan sebanyak 1.500 di antaranya telah menjadi agen RILink. 

“Ke depan Bank BRI akan terus berkomitmen untuk melakukan pemberdayaan kepada BUMDes dan pelaku UMKM di seluruh Indonesia untuk mendukung ekonomi kerakyatan. Diantaranya melalui sosialisasi, pelatihan kewirausahaan, pelatihan manajemen keuangan serta perluasan pemasaran baik melalui website Indonesia Mall maupun dengan mengikutkan di acara pameran seperti ini,” tutur Sis Apik Wijayanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : MediaDigital
Editor : MediaDigital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper