Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wealth Manager Bank Perlu Standar Sertifikasi Internasional

Bisnis.com, JAKARTAWealth Management Standards Board Indonesia (WMSBI) berkolaborasi dengan Ikatan Bankir Indonesia meluncurkan Dual Certification Program.

Bisnis.com, JAKARTA—Wealth Management Standards Board Indonesia (WMSBI) berkolaborasi dengan Ikatan Bankir Indonesia meluncurkan Dual Certification Program.

Dual Certification Program adalah program pelatihan yang memberikan pesertanya edukasi di bidang industri wealth management.

Dewan Pembina WMSBI Omar S. Anwar mengatakan peserta yang telah mengikuti program pelatihan dan dinyatakan lulus akan mendapatkan dua jenis sertifikasi berbasis standar domestik dan internasional.

Sertifikat pertama adalah Certified Wealth Manager (CWM) yang diberikan oleh Ikatan Bank Indonesia (IBI) usai uji kompetensi yang dilakukan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Perbankan (LSPP).

Sertifikat kedua yang akan diterima peserta adalah Certified International Wealth Manager (CIWM) yang terakreditasi oleh asosiasi asal Swiss, The Association of International Wealth Management (AIWM). Menurut Omar, para bankir yang membidangi wealth management tidak cukup hanya memenuhi kompetensi standar dalam negeri.

"Program Dual Certification ini dapat meningkatkan kapasitas, kompetensi, dan eksistensi para wealth manager di Indonesia agar dapat bersaing secara global," ujarnya di Jakarta, (5/4/2018).

Senada dengan Omar, Ketua IBI Zulkifli Zaini mengungkapkan peningkatan kompetensi SDM industri jasa keuangan menjadi hal yang mutlak dilakukan untuk bersaing di era Asean Economic Community.

Menurut Zulkifli dengan terintegrasinya industri jasa keuangan di Asean maka kompetisi dan kerja sama global akan semakin tinggi.

"Peningkatan kompetensi SDM diharapkan membantu industri keuangan nasional agar dapat memanfaatkan momen MEA [Masyarakat Ekonomi Asean] secara maksimal," kata Zulkifli dalam sambutannya.

Untuk pelaksanaan Dual Certification Program di Indonesia, WMSBI menunjuk Magister Manajemen Universitas Gajah Mada, Priority Banking School, dan Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia sebagai pemberi pelatihan resmi (official training provider).

Program tersebut dilaksanakan selama 2 kali setiap tahunnya yakni pada bulan April dan Agustus dengan durasi 20 hari. Pelaksanaan Dual Certification Program perdana berlangsung pada 12 April 2018.

Tahun ini WMSBI menargetkan setidaknya 100 wealth manager tersertifikasi pada pelaksanaan awal program tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nirmala Aninda
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper