Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JK: Salam Wakanda, Indonesia-Africa Forever!

Wakil Presiden Jusuf Kalla menutup pidato pembukaan Indonesia-Africa Forum (IAF) 2018 di Bali dengan menyerukan 'mode Wakandan' a la film Black Panther.

Bisnis.com, NUSA DUA -- Wakil Presiden Jusuf Kalla menutup pidato pembukaan Indonesia-Africa Forum (IAF) 2018 di Bali dengan menyerukan 'mode Wakandan' a la film Black Panther.

"Saya ingin menyimpulkan pidato ini dalam mode Wakandan, tidak dengan mengatakan Wakanda Forever tetapi dengan Indonesia-Afrika Forever. Sekali lagi, Indonesia-Afrika Selamanya!" tegasnya disambut gemuruh tawa hadirin di kompleks Bali Nusa Dua Convention Center, Selasa (10/4/2018).

IAF 2018 secara resmi berlangsung selama dua hari, yakni pada 10-11 April 2018, dengan agenda memetakan kerja sama ekonomi Indonesia dan Afrika.

Wapres JK memastikan bahwa komitmen pemerintah Indonesia tidak perlu dipertanyakan.

"Kerja sama teknis dan peningkatan kapasitas dengan Afrika akan meningkat hingga tiga kali lipat seperti terkait beasiswa [pendidikan] yang akan ditambah, fasilitas kredit ekspor yang kompetitif terus dikembangkan, dan kerja sama pada konektivitas juga akan ditingkatkan," paparnya.

JK: Salam Wakanda, Indonesia-Africa Forever!

Selanjutnya, perjanjian perdagangan akan dieksplorasi antara lain melalui Perjanjian Perdagangan Preferensial.

"Forum ini akan menghasilkan kerja sama ekonomi konkret di bidang industri strategis infrastruktur dan pembiayaan. Kesepakatan bisnis yang disimpulkan dalam forum ini bernilai lebih dari US$500 juta," ujar JK.

Pada 2019, lanjutnya, kerja sama antara Indonesia dan Afrika akan berlanjut melalui pertemuan Dialog Infrastruktur Indonesia-Afrika.

Pemerintah Indonesia mengajak negara-negara di Afrika bergandengan tangan dengan menjalin kerja sama dalam menciptakan dunia yang lebih adil dan makmur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Annisa Margrit
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper