Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gelar Program Olahraga, AIA Financial Incar Kenaikan Penetrasi Asuransi

Berbagai cara ditempuh pelaku usaha untuk meningkatkan penetrasi asuransi di Indonesia. PT AIA Financial, salah satu pelaku asuransi jiwa di Indonesia telah menggelar sejumlah program olahraga untuk membidik naiknya tingkat penetrasi produk asuransi.
Head of Brand and Communication PT AIA Financial Kathryn Monika Parapak (dari kiri), Pelatih sepak bola Indra Sjafri dan pemain sepak bola Bambang Pamungkas memberikan penjelasan mengenai kompetisi sepak bola  AIA Championship, di Jakarta, Selasa (9/1)./JIBI-Dedi Gunawan
Head of Brand and Communication PT AIA Financial Kathryn Monika Parapak (dari kiri), Pelatih sepak bola Indra Sjafri dan pemain sepak bola Bambang Pamungkas memberikan penjelasan mengenai kompetisi sepak bola AIA Championship, di Jakarta, Selasa (9/1)./JIBI-Dedi Gunawan
Bisnis.com, JAKARTA - Berbagai cara ditempuh pelaku usaha untuk meningkatkan penetrasi asuransi di Indonesia.
 
PT AIA Financial, salah satu pelaku asuransi jiwa di Indonesia telah menggelar sejumlah program olahraga untuk membidik naiknya tingkat penetrasi produk asuransi. 
 
Teranyar, perusahaan asuransi jiwa yang berbasis di Hong Kong ini menggelar program "train the trainer", yang merupakan rangkaian dari program AIA Sepak Bola untuk Negeri. 
 
Rista Qatrini Manurung, Direktur Hukum, Kepatuhan dan Risiko AIA Financial mengatakan, selain untuk branding, program-program seperti itu juga bertujuan untuk mendekatkan produk asuransi kepada masyarakat. 
 
"Memang tidak otomatis penetrasi asuransi menjadi lebih banyak, tapi kami mencoba apa pun caranya yang bisa kami lakukan untuk bisa memperkenalkan asuransi kepada masyarakat, terutama melalui olahraga," kata Rista kepada Bisnis.com di Jakarta, Senin (16/4/2018). 
 
Rista berharap, melalui program-program olahraga yang digelar perseoran, produk asuransi khususnya jiwa bisa lebih dikenal oleh masyarakat sehingga memperbesar market size dari industri asuransi secara umum.  
 
"Kami memperkenalkan dulu [produk asuransi], baru kemudian [diharapkan] munculnya inklusi untuk membeli produk asuransi," ujarnya. 
 
Sementara itu, program "Train the Trainer" merupakan kelanjutan dari program Sepak Bola untuk Negeri yang diluncurkan pada Maret 2018. Pada peluncuran yang digelar 25 Maret 2018 di GOR Soemantri Brodjonegoro, AIA menghadirkan Global Ambassador-nya yakni pesepakbola David Beckham. 
 
Melalui program itu pula, AIA mendorong masyarakat untuk memperhatikan gaya hidup sehat melalui olahraga. Branding dan promosi asuransi melalui program olahraga, lanjutnya, berangkat dari hasil survei Healthy Living Index 2016 yang dilakukan AIA di 15 negara Asia Pasifik, menyatakan hanya sekitar 63% dari masyarakat Indonesia yang rutin berolahraga. 
 
Dalam survei yang sama disebutkan, 47% masyarakat Indonesia mengalami pre-obesitas atau obesitas, selain itu sebanyak 78% masyarakat menyatakan kondisi kesehatannya tidak sebaik lima tahun yang lalu. Olahraga sepak bola dipilih mempertimbangkan hasil survei Nielsen Sport pada 2016 yang mengungkapkan 77% masyarakat Indonesia adalah penggemar sepak bola dan Indonesia merupakan negara pecinta sepak bola terbesar kedua di dunia. 
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Lestari
Editor : Anggi Oktarinda
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper