Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BKPM: Realisasi Investasi Kuartal I/2018 Tumbuh 11,8%

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat total investasi dari dalam dan luar negeri sebesar Rp185,3 triliun pada kuartal I/2018 atau meningkat 11,8% dari periode yang sama tahun lalu Rp165,8 triliun.
Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Trikasih Lembong, memberikan paparan pada Indonesia Economic and Investment Outlook 2018 di Jakarta, Kamis (8/2/2018)./JIBI-Dwi Prasetya
Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Trikasih Lembong, memberikan paparan pada Indonesia Economic and Investment Outlook 2018 di Jakarta, Kamis (8/2/2018)./JIBI-Dwi Prasetya

Bisnis.com, JAKARTA -- Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat total investasi dari dalam dan luar negeri sebesar Rp185,3 triliun pada kuartal I/2018 atau meningkat 11,8% dari periode yang sama tahun lalu Rp165,8 triliun.

Adapun, rinciannya Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) sebesar Rp76,4 triliun dan Penanaman Modal Asing (PMA) Rp108,9 triliun.

Kepala BKPM, Thomas T. Lembong mengungkapkan realisasi investasi pada kuartal pertama tersebut memberikan harapan bagi pencapaian target investasi tahun 2018 yang telah ditetapkan pemerintah sebesar Rp765 triliun untuk mendukung pertumbuhan ekonomi pada level 5,4%.

"Kuartal I setiap tahun selalu lemah. Itu hanya efek seasonal memang secara irama bisnis selalu lemah jadi tidak perlu prihatin soal itu," kata Thomas, Senin (30/4/2018).

BKPM juga mencatat penciptaan lapangan pekerjaan dari realisasi investasi baik dari PMA dan PMDN pada kuartal I/2018 sebesar 201.239 tenaga kerja. Perinciannya, PMDN mencetak sebanyak 103.982 pekerja dan PMA sebanyak 97.257 pekerja.

Adapun, lima sektor usaha yg diminati baik dalam PMA dan PMDN antara lain perumahan, kawasan industri, dan perkantoran Rp27,6 triliun; industri logam, mesin, dan elektronik Rp22,7 triliun; listrik, gas dan air Rp19,3 triliun; tanaman pangan dan perkebunan Rp17,9 triliun; serta transportasi, gudang dan telekomunikasi Rp14,7 triliun.

Sementara itu, lima negara asal PMA terbesar masih didominasi oleh Singapura US$2,6 miliar, Jepang US$1,4 miliar, Korea Selatan US$0,9 miliar, China US$0,7 miliar dan Hong Kong US$0,5 miliar.

Pemerintah tetap optimistis dapat menggalang target investasi langsung sebesar Rp765 triliun tahun ini atau tumbuh 12,7% dari target 2017 yang Rp678,8 triliun dengan menyiapkan strategi untuk mencapai target tersebut.

Pertama, mengacu pada kelanjutan proyek infrastruktur seperti jalan, jembatan, pelabuhan laut dan bandar udara serta pembangkit tenaga listrik yang sangat penting artinya dalam menurunkan biaya logistik untuk peningkatan daya saing produk barang dan jasa Indonesia.

Kedua, pemerintah akan tetap melanjutkan memastikan program kebijakan deregulasi berjalan sesuai dengan rencana memudahkan, menyederhanakan, memberikan kepastian, menciptakan transparansi percepatan perizinan berusaha baik di pusat maupun di daerah.

Ketiga, BKPM akan meningkatkan kompentensi, kualitas, dan profesionalisme aparatur pelayanan investasi, termasuk dalam hal ini penggunaan teknologi informasi, baik di pusat dan daerah sehingga perizinan berusaha dapat diperoleh pengusaha mudah dan ada kepastian waktu.

Keempat, BKPM akan memastikan berbagai kementerian/lembaga (K/L) terkait investasi di pusat dan daerah cepat tanggap dalam memfasilitasi dan menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh investor yang ingin merealisasikan rencana inveatasinya di Indonesia.

Kelima, BKPM terus melakukan promosi investasi yang lebih terfokus pada bidang usaha yang diprioritaskan terutama yang memberikan nilai tambah tinggi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hadijah Alaydrus
Editor : Fajar Sidik

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper