Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mustafa Abubakar Jadi Komisaris Utama Bukopin

Rapat pemegang saham tahunan PT Bank Bukopin Tbk menunjuk Mustafa Abubakar sebagai komisaris utama independen untuk periode 2018-2023.
Mustafa Abubakar
Mustafa Abubakar

Bisnis.com, JAKARTA – Rapat pemegang saham tahunan PT Bank Bukopin Tbk menunjuk Mustafa Abubakar sebagai komisaris utama independen untuk periode 2018-2023.

Mustafa Abubakar sebelumnya pernah menjabat sebagai Menteri BUMN periode 2009-2011. Dia juga pernah menjadi Komisaris Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. untuk periode 2012-2015. Selain itu, pria asal Aceh itu pernah menjadi Dirut Bulog.

Menurut siaran pers yang diterima Bisnis, Selasa (22/5/2018), penetapan Mustafa Abubakar sebagai Komisaris Utama Bank Bukopin merupakan bagian dari penyegaran di tubuh manajemen Bank Bukopin. RUPST Bank Bukopin juga mengesahkan pengunduran diri Karya Budiana dari jabatannya sebagai Komisaris Utama Independen untuk kemudian ditetapkan sebagai Komisaris Independen.

RUPST Tahun Buku 2017 Bank Bukopin diselenggarakan dari siang hingga sore ini, 22 Mei 2018.  Penetapan Mustafa Abubakar sebagai Komisaris Utama Independen merupakan bagian dari keputusan RUPST agenda keenam, yaitu perubahan susunan pengurus Perseroan.

Kemudian, RUPST juga mengesahkan pengunduran diri M. Rachmat Kaimuddin dari Komisaris Bank Bukopin. Selanjutnya, Rachmat Kaimuddin diangkat sebagai Direksi Perseroan, mengisi posisi lowong yang ditinggalkan oleh Setiawan Sudarmaji yang mengundurkan diri dari posisinya sebagai Direktur Operasi.

Selain di Bank Bukopin, saat ini Rachmat Kaimuddin juga menjabat sebagai Chief Financial Officer di PT Bosowa Corporindo, pemegang saham pengendali Bank Bukopin. Untuk mengisi posisi Komisaris yang lowong karena ditinggalkan oleh Rachmat Kaimuddin, RUPS kemarin juga mengesahkan penunjukan M. Subhan Aksa sebagai Komisaris Bank Bukopin.

Subhan Aksa  merupakan salah satu pemegang saham dari 30% kepemilikan PT Bosowa Corporindo di Bank Bukopin.

Sementara itu, pemerintah menunjuk Susiwijono sebagai Komisaris di Bank Bukopin menggantikan Luky Alfirman yang mendapatkan penugasan lain. RUPST juga menyetujui pengunduran diri Parikesit Suprapto dari Komisaris Independen.

Hal lain yang ditetapkan RUPST adalah mengesahkan pengangkatan Hari Wurianto sebagai Direktur menggantikan Irlan Suud yang mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Direktur Manajemen Risiko dan Kepatuhan.

Dalam RUPS Luar Biasa yang diselenggarakan pada 10 Januari 2018 lalu telah disetujui penunjukan Eko Rachmansyah Gindo sebagai Direktur Utama dan Rivan A Purwantono Direktur Bank Bukopin. Dalam RUPST hari ini, manajemen melaporkan bahwa keduanya telah efektif menjabat setelah dinyatakan lolos uji kemampuan dan kepatutan (fit & proper test) dari Otoritas Jasa Keuangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper