Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Visa Kembangkan Transaksi Keuangan Tanpa Kontak Langsung

Bisnis.com, JAKARTAPT Visa Worldwide Indonesia berusaha semakin memasyarakatkan metode pembayaran nirsentuh atau contactless pada tahun ini.


Bisnis.com, JAKARTA — PT Visa Worldwide Indonesia berusaha semakin memasyarakatkan metode pembayaran nirsentuh atau contactless pada tahun ini.

Presiden Direktur Visa Worldwide Indonesia Riko Abdurrahman mengatakan, sekarang telah ada sejumlah bank di Indonesia yang bekerja sama dengannya untuk menerapkan metode pembayaran contactless. Selanjutnya akan diperbanyak merchant yang dapat menerima cara transaksi nirsentuh ini. Bank-bank yang telah bekerja sama di antaranya adalah Bank CIMB Niaga, Bank Mandiri, Bank UOB, dan BTPN.

"Kami akan menambah merchant yang bisa menerima contactless, seperti supermarket, convenience store, restoran cepat saji, apotek, dan lain-lain. Selain itu juga akan dimasifkan di kota-kota wisata, karena di sana banyak wisatawan dari luar negeri,” ucapnya menjawab Bisnis, Kamis (24/5/2018).

Baru-baru ini Visa merilis survei bertajuk Consumer Payment Attitudes. Salah satu hasil studi ini menyatakan bahwa lebih dari separuh responden di Indonesia mengetahui keberadaan pembayaran contactless. Dan, sekitar 75% dari mereka bersedia menggunakannya apabila tersedia secara luas.

PT CIMB Niaga Tbk. disebut Visa sebagai bank yang sudah menerapkan metode contachless. Ya, bank ini pada 2016 silam meluncurkan kartu kredit Wave n Go. Kartu ini didesain berbentuk stiker dengan teknologi nirsentuh.

Pemegang kartu kredit Wave n Go CIMB cukup mendekatkan kartunya kepada mesin electronic data capture  khusus contactless saat bertransaksi. Kartu kredit seperti ini diklaim terbilang praktis karena dapat ditempel pada aneka benda berpermukaan datar, semisal ponsel.

Direktur Consumer Banking CIMB Niaga Lani Darmawan berpendapat, potensi pasar kartu kredit new jobbers di Indonesia terbilang menjanjikan. Oleh karena itu, pihaknya meluncurkan Wave n Go tersebut.

“Kami mempersembahkan kartu kredit pertama yang sangat unik dari sisi design, proses transaksi dan keunggulan, yang sangat sesuai dengan segmen tersebut sebagai upaya untuk meningkatkan pangsa pasar kartu kredit CIMB,” ujarnya.

Selain dalam bentuk stiker, kartu kredit Wave n Go tetap tersedia dalam format kartu plastik seperti credit card pada umumnya. Produk CIMB yang satu ini dapat digunakan pada semua mesin EDC dengan cara dip-in.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dini Hariyanti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper