Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

EKONOMI CHINA: Pertumbuhan Sektor Jasa Stabil pada Mei

Dilansir Reuters, Indeks Manajer Pembelian (Purchasing Managers Index/PMI) Caixin/Markit sektor Jasa tidak berubah pada bulan Mei dari bulan April di level 52,9, menunjukkan ekspansi yang stabil meskipun pada kecepatan yang sedikit lebih lambat dari tahun sebelumnya.
Ilustrasi./.smh.com.au
Ilustrasi./.smh.com.au

Bisnis.com, JAKARTA – Sektor jasa China berkembang dengan laju stabil pada bulan Mei, didorong oleh peningkatan tenaga kerja menyusul optimisme pertumbuhan dalam 11 bulan ke depan.

Namun, perusahaan melaporkan perlambatan pertumbuhan pada pesanan baru dan kekuatan penurunan kekuatan harga, yang menandakan peningkatan persaingan bahkan di saat ongkos produksi ikut naik.

Dilansir Reuters, Indeks Manajer Pembelian (Purchasing Managers’ Index/PMI) Caixin/Markit sektor Jasa tidak berubah pada bulan Mei dari bulan April di level 52,9, menunjukkan ekspansi yang stabil meskipun pada kecepatan yang sedikit lebih lambat dari tahun sebelumnya.

Angka tersebut sejalan dengan angka resmi untuk sektor nonmanufaktur yang dirilis pekan lalu, yang menunjukkan PMI sektor jasa meningkat tipis pada bulan Mei.

China terus berupaya meningkatkan sektor jasa untuk mengimbangi penurunan kontribusi dari sektor industri berat dan investasi aset tetap karena para pembuat kebijakan menargetkan untuk menekankan pertumbuhan ekonomi yang lebih berkelanjutan.

Sektor jasa yang solid juga penting untuk menghasilkan pekerjaan baru seiring dengan peningkatnya otomatisasi sektor manufaktur dan pemerintah terlihat berencana mengurangi kelebihan kapasitas industri, yang dapat berimbas pada pemutusan hubungan kerja sebagian karyawan.

Sektor jasa sudah menyumbang lebih dari separuh ekonomi China, dengan meningkatnya upah yang memberi konsumen lebih banyak daya beli di dalam dan di luar negeri.

Di sisi lain, angka PMI untuk aktivitas bisnis baru turun menjadi 52,5 pada Mei dari 53,0 pada bulan April, meskipun perusahaan menambah jumlah tenaga kerja dengan laju tercepat sejak Januari.

Biaya produksi juga meningkat tipis, dengan perusahaan mengatakan biaya yang lebih tinggi didorong oleh kenaikan upah dan biaya terkait transportasi. Di sisi lain, peningkatan harga barang jadi lebih lambat dari bulan sebelumnya, didorong oleh meningkatnya persaingan.

PMI komposit Caixin yang mencakup sektor manufaktur dan jasa juga tetap stabil pada level 52,3 pada Mei. Angka ini menunjukkan pertumbuhan ekonomi tetap relatif stabil meskipun ada kekhawatiran mengenai meningkatnya suku bunga acuan, penurunan investasi, dan ketegangan perdagangan dengan Amerika Serikat.

"Indeks ekspektasi mengenai output masa depan naik ke tingkat yang relatif tinggi, menunjukkan optimisme di sektor manufaktur dan jasa," kata Zhengsheng Zhong, direktur analisis ekonomi makro di CEBM Group, seperti dikutip Reuters.

"Namun, kontraksi kredit baru-baru ini yang berdampak pada usaha kecil patut mendapat perhatian,” lanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper