Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Potensi Pasar Asuransi Uang Besar

PT Asuransi Cakrawala Proteksi optimistis dapat merebut pasar produk asuransi uang yang meningkat menjelang lebaran.
Petugas menata tumpukan uang dolar AS di Cash Center Bank Mandiri, Jakarta, Rabu (18/4/2018)./ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Petugas menata tumpukan uang dolar AS di Cash Center Bank Mandiri, Jakarta, Rabu (18/4/2018)./ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Asuransi Cakrawala Proteksi optimistis dapat merebut pasar produk asuransi uang yang meningkat menjelang lebaran. 

Wakil Presiden Direktur Cakrawala Proteksi Nicolaus Prawiro mengakui, permintaan terhadap produk asuransi uang belum meningkat signifikan kendati lalu lintas pengiriman uang mulai ramai. 

Dia mengatakan, nasabahnya yang berasal dari perbankan dan lembaga pembiayaan telah memiliki polis tersebut sejak jauh hari karena merupakan program tahunan, sehingga tidak ada permintaan baru. Nasabah korporasi seperti bank, lembaga pembiayaan, atau perusahaan lainnya, telah memprediksi kebutuhan asuransi uang sejak jauh hari. 

"Permintaan produk asuransi uang, biasa saja. Tidak ada tambahan permintaan baru. Sebab, nasabah kami sudah mengcover dari jauh hari dan merupakan program tahunan," katanya dikutip pada Selasa (12/6/2018).

Perseroan memiliki 2 produk asuransi uang di antaranya, cash in safe yang memberikan jaminan terhadap kehilangan uang selama dalam penyimpanan dan cash in transit yang memberikan jaminan terhadap uang selama dalam perjalanan. 

Dia menjelaskan, asuransi uang di ATM termasuk dalam kategori cash in safe. Tarif premi dari jenis pertanggungan ini sekitar 0,5%-1% dari harga pertanggungan per tahun. Adapun, tarif premi cash in transit sekitar 10% dari premi asuransi cash in safe. 

Kontribusi produk asuransi uang masih sangat kecil yakni kurang dari 5% terhadap pendapatan premi perseroan. Meski demikian, rasio klaimnya masih menguntungkan. 

Hingga April 2018, perseroan mencatatkan pendapatan premi sebesar Rp548 miliar atau tumbuh 12,5% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. 

Dia mengatakan, pasar produk asuransi uang sangat besar meski tidak disebutkan angka detailnya. Oleh karena itu, pihaknya akan merebut 'kue' tersebut dengan meyakinkan kepada bank dan lembaga pembiayaan agar memindahkan perlindungan asuransinya ke Cakrawala Proteksi. Sebab, pada umumnya perbankan dan lembaga pembiayaan telah memiliki polis asuransi uang dari perusahaan asuransi lain. 

"Kontribusi produk asuransi uang sangat kecil. Perlu kerja keras untuk pemasaran produk ini dan lebih agresif. Nasabah untuk produk asuransi uang adalah nasabah korporasi seperti bank dan multifinance. Sebagai asuransi yang notabene masih baru, kami harus rebut kue yang ada di market," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Azizah Nur Alfi

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper