Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Periksakan Kesehatan Saat Mudik dengan BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan menyelenggarakan Posko Mudik 2018 dari 9--14 Juni 2018 di 8 titik padat pemudik. Jika Anda tengah mudik, manfaatkanlah fasilitas ini.
Peserta BPJS Kesehatan memperlihatkan kartu peserta/Antara
Peserta BPJS Kesehatan memperlihatkan kartu peserta/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - BPJS Kesehatan menyelenggarakan Posko Mudik 2018 dari 9--14 Juni 2018 di 8 titik padat pemudik. Jika Anda tengah mudik, manfaatkanlah fasilitas ini.

Dilansir dari situs www.bpjs-kesehatan.go.id, kedelapan titik tersebut meliputi Terminal Pulo Gebang Jakarta, Terminal Bungurasih Surabaya, Terminal Tirtonadi Surakarta, Stasiun Yogyakarta.

Ada pula Rest Area Cikampek KM 57, Pelabuhan Merak Banten, Pelabuhan Gilimanuk Bali, dan Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar. Khusus di Pelabuhan Gilimanuk Bali, Posko Mudik ini dibuka mulai tanggal 7 Juni 2018.

Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris menuturkan, pihaknya selalu berupaya meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat di titik padat pemudik. Ini didasari dari berkaca pada antusiasme pemudik terhadap kehadiran posko mudik di tahun-tahun sebelumnya.

“Seluruh pelayanan dan fasilitas di Posko Mudik BPJS Kesehatan ini bisa diperoleh secara gratis, sehingga pemudik tak perlu sungkan memanfaatkan keberadaannya,” kata Fachmi, seperti yang diwartakan dalam keterangan tertulisnya, baru-baru ini.

Dalam kegiatan tersebut, terdapat dokter, paramedis, ambulan, dan petugas BPJS Kesehatan yang siap memberikan pelayanan bagi para pemudik yang membutuhkan konsultasi kesehatan.

Selain itu, juga menyediakan fasilitas relaksasi atau istirahat, pemeriksaan kesehatan sederhana, obat-obatan, tindakan sederhana yang bersifat emergency, dan pemberian rujukan bilamana sangat diperlukan, serta sosialisasi kepada masyarakat.

Posko Mudik BPJS Kesehatan beroperasi selama 24 jam, dimana di dalamnya terdapat dua tim yang bertugas secara bergantian. Masing-masing tim tersebut terdiri dari satu petugas BPJS Kesehatan, serta satu dokter dan dua paramedis yang berasal dari puskesmas atau fasilitas kesehatan lainnya yang bermitra dengan BPJS Kesehatan.

Sejumlah ambulan pun sudah disediakan untuk berjaga-jaga apabila ada pemudik yang mengalami kondisi emergency dan harus segera dilarikan ke rumah sakit terdekat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Eva Rianti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper