Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pegadaian Konversi 78 Outlet Konvensional di Madura Jadi Syariah

Warga menunggu melakukan bertransaksi di Kantor Pegadaian Cabang Senen, Jakarta, Kamis (15/6)./Antara-Akbar Nugroho Gumay
Warga menunggu melakukan bertransaksi di Kantor Pegadaian Cabang Senen, Jakarta, Kamis (15/6)./Antara-Akbar Nugroho Gumay

Bisnis.com, JAKARTA  – PT Pegadaian (Persero) secara resmi melakukan program konversi berupa pengalihan sistem konvensional ke Pegadaian Syariah di seluruh Madura, Senin (2/7/2018). Direktur Utama PT Pegadaian (Persero) Sunarso mengatakan, mulai 1 Juli 2018 seluruh Pegadaian di Madura dikonversi menjadi syariah sehingga yang saat ini menjadi berjumlah 87 unit.

Sunarso mengatakan, berdasarkan hasil kajian yang dilakukan oleh tim Pegadaian, motif nasabah datang ke Pegadaian yang selama ini lebih banyak motif benefit.

"Sedangkan di Madura seimbang antara motif benefit dan motif syar’i. Selain itu dari sisi religius hampir semua (99,4 persen) penduduk Madura beragama Islam," jelas Sunarso.

Acara peresmian ini dihadiri oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), Ma'ruf Amin, Ulama dan Dosen Pasca Sarjana Universitas Indonesia Chollil Nafis, Lc, Phd, Ketua MUI Jawa Timur Abdussomad Buchori, Penjabat Bupati Bangkalan I Gusti Ngurah Indra Setiabudi Ranuh, serta ratusan ulama dan santriwan/santriwati dari berbagai pondok pesantren di Madura.

Ketua MUI Ma'ruf Amin menyambut baik langkah Pegadaian mengkonversi seluruh outlet konvensional di Madura menjadi syariah. 

"Semoga ke depan masyarakat makin paham dengan keberadaan Pegadaian Syariah, yang bisa dijadikan sumber pembiayaan, menggantikan pembiayaan konvensional. Sebagai negara dengan mayoritas muslim, Indonesia sangat ketinggalan dalam penyerapan dana dari keuangan syariah. Dengan kegiatan ini diharapkan dapat meningkat lebih besar lagi," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Pegadaian Syariah juga menyerahkan sertifikat Rahn Hasan kepada 250 nasabah. Produk ini merupakan bentuk syariah dari Gadai Prima konvensional yang menawarkan pinjaman dengan nominal mulai dari Rp 50 ribu sampai Rp 500 ribu, tenor pinjaman selama dua bulan dan bisa diperpenjang dan tanpa bunga.

Indonesia sebagai Negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia memiliki potensi menjadi  negara dengan kekuatan  ekonomi yang besar  dibandingkan China. Sementara itu potensi industri halal dan keuangan syariah global  diprediksi tembus US$6,38  triliun di 2021. Total aset keuangan syariah Indonesia, tidak termasuk Saham Syariah, saat ini telah mencapai  Rp1.133,23 triliun atau tumbuh 27%, lebih tinggi dari pertumbuhan industri  keuangan konvensional. Potensi industri halal dan keuangan syariah global  diprediksi tembus di angka US$ 6,38 triliun pada tahun 2021. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Lestari
Editor : Anggi Oktarinda

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper