Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KABAR PASAR 5 JULI: Kendali Freeport di Tangan Siapa?, Pengusaha Cemaskan Rupiah

Berita mengenai kendali manajemen PT Freeport Indonesia serta kecemasan pengusaha terhadap pelemahan rupiah menjadi sorotan media massa hari ini, Kamis (5/7/2018).
Area tambang terbuka PT Freeport Indonesia di Timika, Papua./Antara
Area tambang terbuka PT Freeport Indonesia di Timika, Papua./Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Berita mengenai kendali manajemen PT Freeport Indonesia serta kecemasan pengusaha terhadap pelemahan rupiah menjadi sorotan media massa hari ini, Kamis (5/7/2018).

Berikut ringkasan topik utama di sejumlah media nasional hari ini:

Kendali Freeport di Tangan Siapa? Kendali manajemen PT Freeport Indonesia kini menjadi isu paling krusial pascadivestasi 51% saham anak usaha Freeport-McMoran itu kepada PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero). (Bisnis Indonesia)

Pengusaha Cemaskan Rupiah. Pelemahan rupiah yang kian dalam, kendati telah diintervensi oleh Bank Indonesia melalui penaikan suku bunga acuan untuk ketiga kalinya dalam 2 bulan terakhir, bakal semakin membebani sektor riil di dalam negeri.

Rugi 3 BUMN Berkurang. Sejumlah emiten pelat merah yang menderita kerugian pada 2017 mulai mencatatkan hasil positif dengan menekan rugi bersih secara tahunan sampai dengan kuartal I/2018. (Bisnis Indonesia)

Pemerintah Perketat Anggaran Belanja. Pemerintah akan lebih ketat dalam penganggaran belanja kementerian dan lembaga pada tahun depan dalam rangka efisiensi belanja negara. (Bisnis Indonesia)

Kemkeu Racik Ulang Rumus Gaji Ke-13 & THR PNS Daerah. Direktorat Jenderal (Ditjen) Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan (Kemkeu) akan mereformulasi komposisi gaji ke-13 dan THR Pegawai Negeri Sipil (PNS) di daerah. Perubahan ini dilakukan guna mencegah timbulnya polemik penyaluran gaji ke-13 dan 14 atau tunjangan hari raya (THR) seperti pada tahun ini. (Kontan)

Belanja Barang Dihemat, Belanja Modal Ditambah. Penghematan anggaran menjadi salah satu strategi pemerintah menurunkan defisit keseimbangan primer APBN 2019. Hanya saja, efisiensi anggaran tersebut tidak akan menyentuh dana infrastruktur. Pemerintah berkomitmen memperbesar anggaran infrastruktur tahun depan, seperti yang sudah berlangsung sejak tahun 2015. (Kontan)

Utang Bank Dunia US$ 400 Juta untuk Tangani Stunting. Pemerintah Indonesia mendapatkan pinjaman sebesar US$ 400 juta dari Bank Dunia. Dana itu akan masuk ke Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2019 untuk penanganan masalah gizi kronis atau stunting. (Kontan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper