Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Semester I/2018 SMF Salurkan Rp4,345 Triliun

PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF mencatatkan peningkatan pencapaian kinerja sepanjang semester I/2018.
Logo PT Sarana Multigriya Finansial (Persero)./Istimewa
Logo PT Sarana Multigriya Finansial (Persero)./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF mencatatkan peningkatan pencapaian kinerja sepanjang semester I/2018.

Hingga Juni 2018, perusahaan pembiayaan sekunder perumahan ini telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp4,345 triliun. Jumlah tersebut naik tipis sebesar 2,2% dari periode yang sama tahun lalu sebesar Rp4,25 triliun.

Sementara itu, dari segi pendapatan, SMF mencatatkan peningkatan 8% year-on-year dari Rp575 miliar pada semester I/2017 menjadi Rp621 miliar hingga Juni 2018.

Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo mengatakan, sepanjang semester pertama tahun ini pihaknya tengah gencar melakukan penetrasi ke berbagai institusi penyalur KPR khususnya Bank Pembangunan Daerah (BPD) di seluruh Indonesia.

Hingga saat ini SMF telah memberikan fasilitas pembiayaan kepada 26 bank, baik umum, syariah, BPD, maupun perusahaan pembiayaan.

"Kami berharap pembiayaan perumahan di daerah dapat lebih terdorong secara optimal sehingga kebutuhan perumahan di daerah dapat terpenuhi," kata Ananta di sela-sela pemaparan kinerja semester I 2018 di Griya SMF, Jakarta Selatan, Jumat (13/7/2018).

Adapun pada 6 Juni 2018, SMF telah menyalurkan dana pembiayaan KPR kpada Bank BJB sebesar Rp1,5 triliun. Selain itu, untuk sekuritisasi, sampai dengan Juni 2018 SMF telah memfasilitasi 12 kali transaksi dengan menggunakan skema efek Beragun Aset Surat Partisipasi (EBA-SP), dimana 11 kali dilakukan bekerjasama dengan Bank BTN dan 1 kali dengan Bank Mandiri. Total akumulasi traksaksi sekuritisasi tersebut mencapai Rp10,155 triliun.

EBA-SP tersebut menggunakan underlying KPR dari bank dengan kategori prime mortgage. Diharapkan sekuritisasi ini bisa mempercepat penyaluran dana bagi pembiayaan perumahan, demi mensukseskan program 1 juta rumah, sebagaimana dicanangkan oleh pemerintah.

Sementara itu, pada Semester pertama tahun ini, SMF juga telah melakukan penerbitan obligasi Berkelanjutan IV SMF Tahap III dan Tahap IV 2018 dengan total nilai Rp3,163 triliun.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Lestari

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper