Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemberantasan Korupsi: BPK Dorong Peran Parlemen

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mendorong kerja penguatan peran lembaga audit dan parlemen dalam pemberantasan korupsi.
Gedung Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)./Antara
Gedung Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)./Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mendorong kerja penguatan peran lembaga audit dan parlemen dalam pemberantasan korupsi.

Anggota V BPK Isma Yatun menekankan bahwa korupsi bisa diberantas dengan meningkatkan fungsi pengawasan anggaran yang dimiliki oleh Parlemen.

Kewenangan pengawasan anggaran ini kemudian dikolaborasikan dengan pelaksanaan mandat untuk melakukan pemeriksaan oleh lembaga audit.
"Hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh BPK digunakan oleh Parlemen sebagai alat untuk mengawasi pengelolaan keuangan negara oleh Pemerintah," kata Isma Yatun dalam keterangan resminya, Senin (16/7/2019).

Adapun pernyataan itu diungkapkan Isma Yatun saat bertandang ke Supreme Audit Office of Czech Republic (SAO Ceko. Dua lembaga audit itu menggelar seminar bersama di Praha, Republik Ceko pada 9-12 Juli 2018.

Dalam pertemuan tersebut, delegasi BPK dipimpin oleh Anggota V BPK Isma Yatun anggota delegasi Juska M.E Sjam, Kepala Biro Humas dan Kerja Sama Internasional Harry Purwaka.

Kedatangan delegasi BPK disambut oleh Wakil Presiden SAO Ceko, Zdeka Hornikova, serta dua orang Anggota SAO Ceko, Petr Neuvirt danPavel Hrni.

Pertemuan tersebut dilakukan sebagai bentuk implementasi kerja sama bilateral, sekaligus merupakan kelanjutan dari pertemuan tahun lalu setelah sebelumnya BPK mendapat kehormatan menerima kunjungan dari SAO Ceko dan Parlemen Ceko pada tahun 2017.

Pada pertemuan kali ini, delegasi BPK didampingi oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Ceko, Aulia A. Rahman, bersama dengan SAO Ceko juga berkesempatan untuk bertatap muka dengan Wakil Ketua Parlemen Ceko, Vojtch Filip, dan saling bertukar pengetahuan mengenai peran lembaga audit dan parlemen dalam upaya pemberantasan korupsi.

Tidak hanya itu, pertemuan kali ini juga membahas upaya-upaya penguatan pengawasan keuangan daerah yang dilakukan oleh badan pemeriksa kedua negara. Diskusi mengenai hal ini diperkuat dengan melakukan kunjungan secara langsung ke salah satu Kantor Perwakilan SAO Ceko di Pilsen, Republik Ceko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Edi Suwiknyo

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper